Karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang sering panas, tak heran kalau es krim jadi salah satu pilihan makanan yang populer di tengah masyarakat. Bahkan, bisa jadi Milk Lovers juga merupakan salah satu penggemarnya. Selain segar dan bisa bantu melawan cuaca panas dan lembap, es krim juga punya banyak pilihan rasa yang menarik. Jadi, milk lovers bisa pilih sesuai dengan selera.

Tapi, kalau biasanya Milk Lovers membeli es krim di luar, seperti di swalayan atau gerai es krim artisan, bagaimana kalau sekarang Milk Lovers mencoba membuat es krim sendiri di rumah? Eits, jangan kaget, karena ternyata es krim bisa dibuat sendiri di rumah karena resepnya yang sangat mudah, lho! Karena pada dasarnya, Milk Lovers hanya butuh heavy cream dan krim kental manis seperti Krim Kental Manis Cap Sapi untuk membuat es krim sendiri di rumah.

Penasaran ingin menjajal resepnya? Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Resep Mudah Es Krim Rumahan

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 kaleng Krim Kental Manis Cap Sapi
  • 2 cangkir heavy cream, kondisi dingin
  • Opsional: 1 sdt ekstrak vanila, ekstrak almond, atau ekstrak mint untuk perasa

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Gelas takar dan sendok
  • Spatula
  • 2 mangkok besar
  • Hand mixer atau stand mixer
  • Loaf pan atau wadah apapun untuk menyimpan es krim
  • Kertas minyak

Cara membuat:

  1. Siapkan sebuah mangkok besar, kemudian tuang Krim Kental Manis Cap Sapi. Tambahkan ekstrak vanila atau ekstrak perasa lainnya ke dalam krim kental manis jika menghendaki.
  2. Ambil mangkok besar lainnya dan tuang heavy cream ke dalamnya. Kemudian, kocok cream menggunakan mixer kira-kira selama 3 menit, atau sampai teksturnya menjadi kaku dan membentuk “gunung”.
  3. Secara perlahan, campurkan sesendok whipped cream ke dalam krim kental manis. Cara ini dilakukan untuk mengencerkan krim kental manis, sehingga nantinya krim kental manis juga jadi lebih mudah untuk dicampur dengan seluruh whipped cream yang telah dipersiapkan.
  4. Tambahkan seluruh whipped cream yang masuk tersisa ke dalam mangkok berisi krim kental manis, lalu campur. Pada awalnya, Milk Lovers akan menemui tekstur adonan yang tidak merata dan menggumpal. Tapi, jika terus dicampur, adonan perlahan-lahan akan menjadi lebih lembut dengan tekstur yang halus. Begitu hanya ada sedikit gumpalan kecil saja, Milk Lovers bisa langsung berhenti mencampur adonan – hal ini juga untuk menghindari risiko dari over-mix atau mencampur sampai terlalu halus.
  5. Pindahkan adonan es krim ke dalam wadah seperti loaf fan, dan gunakan spatula untuk memastikan bahwa seluruh adonan sudah tak lagi tersisa di mangkok. Ratakan bagian atasnya, kemudian tutup dengan kertas minyak untuk menghindari terbentuknya kristal es.
  6. Masukkan adonan es krim ke dalam freezer dan bekukan selama setidaknya 6 jam. Makin lama Milk Lovers membekukannya, makin keras es krimnya. Bahkan, Milk Lovers bisa membiarkannya di dalam kulkas sampai 2 minggu, lho!

Tips untuk membuat es krim dengan rasa:

Untuk menambahkan rasa, hangatkan adonan es krim di dalam sebuah panci dan matikan api begitu Milk Lovers melihat munculnya uap. Angkat panci dari atas kompor, kemudian tambahkan perasa yang disukai. Biarkan dulu sampai adonan es krim menyerap rasa yang ditambahkan, atau sampai suhu adonan turun ke suhu ruangan. Saring adonan es krim dan pindahkan ke dalam wadah untuk dibekukan ke dalam freezer.