Berbuka puasa memang paling enak dengan yang manis dan segar. Dari sekian banyak jenis minuman yang dapat Milk Lovers santap, es cincau siram susu termasuk menu yang bisa dinikmati. Selain itu, jenis hidangan ini mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang terjangkau.

Manfaat Mengonsumsi Cincau

Cincau yang beredar di pasaran terdiri atas dua jenis, yakni cincau hijau dan cincau hitam. Cincau hijau biasanya terbuat dari tanaman Mesona procumbens, sementara yang hitam dari Mesona palustris BL. Meski berbeda spesies, keduanya masih berasal dari genus yang sama.

Nah, studi yang dirilis dalam Journal of Engineering and Science Research mengungkap fakta bahwa cincau hijau kaya akan berbagai jenis antioksidan, salah satunya fenol yang memberikan dampak positif pada penderita asam urat tinggi (hiperurisemia).

Cincau hitam pun sama-sama sehat, Milk Lovers. Kandungan antioksidan seperti tanin dan flavonoid yang terdapat di dalamnya mampu mencegah kemungkinan diabetes, kanker, maupun hipertensi. Milk Lovers yang punya riwayat kolesterol tinggi juga bisa mengonsumsi cincau hitam untuk mengendalikan kadarnya dalam darah.

Resep Praktis Es Cincau Siram Susu

Dengan segudang manfaat di atas, Milk Lovers jadi makin semangat buat mengolah cincau sebagai menu berbuka, bukan? Intip resepnya berikut ini!

Bahan-bahan utama

  • Cincau hijau/hitam, 1 bungkus (potong dadu 10x10x10 cm);
  • Ultra Milk Full Cream, 500 ml;
  • Kental manis Cap Sapi, 1 bungkus;
  • Gula pasir, 1 sendok (larutkan dalam air hangat);
  • Es serut/batu, 1 mangkuk.

Langkah-langkah mengolah es cincau siram susu

  1. Siapkan cincau dan bersihkan menggunakan air hangat untuk melepaskan kotoran;
  2. Setelah cincau dipotong, sisihkan ke dalam wadah bersih. Ukurannya dapat disesuaikan selera Milk Lovers selama mudah dikonsumsi;
  3. Siapkan bahan-bahan untuk es susu. Gunakan gelas tinggi kalau ingin dikonsumsi per orang atau wadah besar;
  4. Tuangkan Ultra Milk Full Cream dan kental manis Cap Sapi bersama es serut atau es batu dan air gula. Aduk-aduk sampai semua bahan menyatu;
  5. Tambahkan potongan cincau yang sudah dibersihkan. Aduk lagi sampai semua potongan cincau menyebar di dalam wadah/gelas;
  6. Siramkan sedikit saja kental manis sebagai tambahan;
  7. Es cincau siram susu siap disajikan sebagai menu berbuka puasa!

Nah, semoga resep praktis ini bisa membantu Milk Lovers menyediakan minuman segar menyehatkan, ya!