Serabi adalah camilan tradisional yang bisa ditemukan di masyarakat Jawa maupun Sunda, seperti di Solo dan Bandung. Biasanya, Milk Lovers bisa temukan jenis serabi manis yang disajikan dengan gula merah cair (kinca), serta jenis serabi asin yang bisa dinikmati baik dengan maupun tanpa taburan oncom yang sudah dibumbui.

Seiring dengan perkembangan zaman, serabi juga mengalami modifikasi sehingga menjadi camilan yang semakin modern. Bahkan, serabi kekinian sudah tidak lagi punya kesan jajanan pasar atau jajanan murahan karena dapat disajikan dengan topping seperti kuah keju, sosis, atau mayonnaise, lho! Selain itu, ada juga penambahan rasa tertentu yang kekinian, seperti green tea, cokelat, red velvet, taro, dan sebagainya.

Milk Lovers pastinya juga bisa membuat sendiri serabi di rumah. Karena musim hujan sudah tiba, pasti enak dong kalau bisa menikmati serabi ditemani minuman hangat saat cuaca sedang dingin karena hujan? Apalagi, serabi sangat mudah untuk dibuat dan disiapkan.

Resep Serabi Susu UHT Kuah Saus Keju

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 250 gram tepung beras
  • 300 ml santan kelapa
  • 1 sdt ragi
  • 200 ml Ultra Milk Full Cream
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa muda, parut
  • 100 gram keju cheddar (bahan kuah saus keju)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan (bahan kuah saus keju)

Cara membuat:

  1. Campur gula pasir, tepung beras, dan ragi di dalam sebuah wadah, kemudian aduk sampai merata.
  2. Sedikit demi sedikit, tuangkan santan ke dalam wadah berisi adonan kering sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan rata.
  3. Tuangkan Ultra Milk Full Cream ke dalam wadah, aduk kembali dan diamkan adonan selama kira-kira 30 menit.
  4. Masukkan kelapa muda parut dan garam ke dalam adonan serabi, kemudian aduk sampai rata.
  5. Siapkan cetakan serabi dan panaskan di atas api sedang. Setelah cetakan panas, tuangkan adonan ke dalam cetakan menggunakan sendok sayur – satu sendok sayur untuk satu tempat, atau sesuai dengan kebutuhan dan selera. Tunggu sampai serabi matang, lalu angkat dari atas cetakan. Ulangi terus sampai seluruh adonan habis. Sisihkan dulu serabi agar panasnya turun.
  6. Buat kuah keju dengan merebus santan, daun pandan, dan gula pasir bersamaan hingga mendidih. Tambahkan keju cheddar parut dan terus aduk sampai rata dan keju larut. Matikan api dan sisihkan.

Untuk menyajikan serabi susu UHT, Milk Lovers bisa ambil beberapa serabi, kemudian taburi dengan keju parut dan tuangkan kuah saus keju di atasnya.