Berbicara soal wafel alias waffle, Milk Lovers barangkali paling sering menemui makanan ini di restoran. Padahal, waffle bisa disiapkan sendiri di rumah, lho! Soalnya, resepnya ternyata sangat mudah untuk diikuti, termasuk jika Milk Lovers ingin menyantap Belgian Waffle.

Eh, memangnya Belgian Waffle beda dengan waffle biasa, ya? Ternyata berbeda lho Milk Lovers! Untuk Belgian Waffle, wujudnya memang sekilas mirip dengan waffle biasa, tapi sebenarnya punya “kantong” yang lebih dalam karena bentuk cetakan pembuat Belgian Waffle yang memang khusus. Di samping itu, Belgian Waffle juga terasa lebih “ringan” di dalamnya, alias tidak sepadat waffle biasa. Soalnya, Belgian Waffle secara tradisi dibuat dengan menambahkan yeast atau ragi sebagai salah satu bahan utamanya.

Meski begitu, Belgian Waffle juga masih bisa dibuat dengan menggunakan baking powder sebagai pengganti ragi, kok. Hanya saja, kalau Milk Lovers ingin mempertahankan tekstur “ringannya” yang khas, Milk Lovers perlu mengocok putih telur secara terpisah dari bagian kuningnya, kemudian tambahkan ke dalam adonan di tahap akhir.

Daripada bingung karena hanya bisa membayangkan, lebih baik Milk Lovers langsung simak resep Belgian Waffle spesial berikut ini, yuk! Selamat membaca dan selamat mencoba!

Resep Belgian Waffle ala Ultra Milk Full Cream

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 2 1/4 cangkir tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm baking powder
  • 3 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 2 butir telur, pisahkan bagian putih dan kuningnya
  • 1/2 cangkir minyak sayur
  • 500 ml Ultra Milk Full Cream
  • 1 sdt ekstrak vanila

Cara membuat:

  1. Siapkan cetakan waffle dan panaskan terlebih dahulu, olesi dengan minyak atau semprot dengan cooking spray anti lengket. Sisihkan.
  2. Siapkan sebuah mangkok besar, kemudain masukkan bahan-bahan kering: tepung, baking powder, gula, garam, dan kayu manis bubuk. Campur sampai merata.
  3. Siapkan sebuah mangkok berukuran sedang, kemudian tuangkan bagian putih telur dan kocok dengan hand mixer sampai kaku. Sisihkan.
  4. Siapkan lagi sebuah mangkok berukuran sedang, kemudian tambahkan bagian kuning telur, minyak sayur, Ultra Milk Full Cream, dan ekstrak vanilla. Campur seluruh bahan sampai rata.
  5. Tuangkan adonan kuning telur dari langkah nomor 4 ke dalam campuran bahan-bahan kering, lalu kocok sampai tercampur dengan rata.
  6. Tambahkan putih telur yang sudah dikocok di langkah nomor 3. Kocok lagi sampai semua tercampur rata.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan waffle, lalu masak dalam waktu dan jumlah yang sudah dianjurkan dalam instruksi mesin cetakan.

Sajikan Belgian Waffle dengan gula bubuk, sirup mapel, butter, atau irisan buah-buahan (misal pisang, stroberi, kiwi, atau blueberry) sebagai topping. Milk Lovers juga bisa nikmati Belgian Waffle dengan telur atau sosis.