Nama susu UHT pasti sudah sangat familiar di telinga Milk Lovers, dong. Produk ini sangat mudah ditemukan di mana saja, dan biasanya dikemas di dalam kotak khusus. Ukuran kemasannya juga beragam, mulai dari yang hanya sekitar 100 ml hingga 250 ml, dan bisa dinikmati langsung menggunakan sedotan, sampai yang berukuran 1 liter dan memiliki ujung seperti mulut botol agar susu dapat dituang ke dalam gelas maupun mangkok.

Susu UHT sendiri merupakan jenis susu yang melalui proses UHT, alias Ultra High Temperature. Artinya, sebelum dikemas, susu diolah dengan cara dipanaskan terlebih dahulu pada suhu tinggi, namun hanya dalam waktu sangat singkat. Suhu yang digunakan adalah 135 derajat Celcius, dan lama pemanasannya hanya berkisar antara 2 sampai 4 detik. 

Tujuan dari proses UHT ini sendiri adalah agar bisa mematikan bakteri yang bisa mengontaminasi susu tanpa kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah, karena alasan inilah susu UHT melalui proses pemanasan hanya dalam waktu super singkat. Hal ini juga berarti bahwa susu UHT bukanlah produk alternatif pengganti susu, karena susu UHT juga terbuat dari susu murni. Yang membedakan hanyalah proses UHT-nya saja.

Oh iya, karena proses UHT dan pengemasannya yang sangat rapat alias kedap udara, produk ini bisa disimpan di lemari hingga berbulan-bulan, ya! Tapi, hal ini hanya berlaku jika kemasan produk susu belum dibuka sama sekali, alias masih tersegel rapat seperti ketika Milk Lovers pertama kali membawanya pulang dari toko.

Nah, kalau begitu, bagaimana kalau kemasan susu UHT sudah terbuka, ya? Apakah artinya susu masih bisa dikonsumsi juga selama berbulan-bulan seperti jika kemasannya masih tertutup rapat? Untuk membantu Milk Lovers menemukan jawabannya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Tips Menyimpan Susu UHT

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Milk Lovers tak perlu khawatir soal kualitas susu selama penyimpanan asalkan Milk Lovers belum membuka kemasannya, ya! Bahkan, Milk Lovers juga tidak diharuskan untuk menyimpan susu ke dalam kulkas, kok. Sebab, selama kemasannya masih tertutup rapat, susu tidak akan berkurang kualitasnya meskipun disimpan di dalam lemari atau di suhu ruangan sampai dengan tanggal kadaluarsanya.

Tapi, bagaimana jika susu sudah dibuka? Apalagi mengingat banyak produk susu UHT yang berukuran besar, seperti yang berukuran 1 liter, sehingga bisa dikonsumsi berkali-kali. Nah, untuk susu UHT yang kemasannya sudah dibuka, Milk Lovers bisa segera menyimpannya di kulkas. Dengan cara ini, susu bisa tahan bahkan sampai 4 hari sesudahnya, lho! Sedangkan untuk suhu penyimpanannya sendiri, yang paling dianjurkan adalah 4 derajat Celcius untuk mencegah kontaminasi bakteri di dalam susu. Meski demikian, pastikan Milk Lovers mencicipi susu begitu dikeluarkan dari kulkas untuk memastikan bahwa rasa dan kualitasnya masih baik, ya.

Akan tetapi, kalau susu tidak segera Milk Lovers simpan ke dalam kulkas, sebaiknya segera habiskan. Dan jika sudah lebih dari 2 jam sejak kotak susu dibuka dan dibiarkan di dalam suhu ruangan, lebih baik Milk Lovers langsung membuangnya. Hal ini tentu untuk keamanan dan kesehatan Milk Lovers sendir agar risiko kontaminasi bakteri pada susu tidak membahayakan kondisi Milk Lovers.