Milk Lover, selama ini banyak anak remaja yang menghindari mengonsumsi susu dengan alasan takut mengalami obesitas. Hal tersebut sangat wajar, mengingat susu dikenal banyak mengandung lemak. Padahal klaim tersebut tidak sepenuhnya benar, justru susu memiliki peran penting untuk menjaga berat badan tetap maksimal, sekaligus mencegah terjadinya obesitas.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika menyatakan, banyak anak remaja yang menjauhi konsumsi susu dengan alasan obesitas. Padahal hal tersebut tidak benar. Alih-alih menyebabkan obesitas, susu justru terbukti berperan penting untuk mencegah obesitas dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu, dalam penelitian lainnya yang dilakukan di Swedia, terungkap jika pria yang suka mengonsumsi susu, dan produk olahan susu lainnya, ternyata memiliki bobot tubuh yang lebih kecil ketimbang pria yang menghindari konsumsi susu, tapi jarang berolahraga, terbiasa merokok, mengonsumsi alkohol dan suka mengonsumsi Fast Food.

Penelitian ini sendiri dilakukan selama dua belas tahun, dan sudah disesuaikan dengan sejumlah faktor lainnya penunjang timbulnya obesitas, seperti perilaku konsumsi buah-buahan dan sayuran, kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, tingkat aktivitas fisik, tingkat pendidikan serta riwayat pekerjaan yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, The European Journal of Nutrition mencatat jika anggapan susu tinggi lemak bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular ternyata hanya mitos belaka. Justru sebaliknya, konsumsi susu sangat berkaitan dengan penurunan berat badan, serta menurunnya risiko serangan penyakit jantung, dan berbagai masalah kardiovaskular.

Bahkan, karena konsumsi susu terbukti dapat mencegah obesitas atau kegemukan, secara tidak langsung kondisi ini pun akan menurunkan risiko serangan penyakit jantung. Mengenai konsumsi susu yang disarankan, idealnya anak remaja mengonsumsi susu 2 gelas/hari ( 250ml/gelas saji).

Untuk memaksimalkan pertumbuhan, dan mencegah obesitas, sangat disarankan agar anda rajin berolahraga, menjaga pola makan, mencukupi kebutuhan istirahat, dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Tidak hanya itu, anak remaja pun sangat disarankan untuk menjauhi berbagai hal yang berhubungan dengan obesitas, seperti Fast Food, konsumsi alkohol, minuman bersoda dan lainnya.

Bagaimana Milk Lovers, sekarang sudah tahu kan cara hidup sehat dan terhindar dari obesitas? Selamat mencoba!