Kalau selama ini kamu termasuk golongan malas minum susu, terlebih susu full cream, karena takut kegemukan, sepertinya anggapan tersebut harus di rubah. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukan jika susu lemak, termasuk susu full cream, justru efektif menurunkan berat badan.

Seperti dilansir dalam WebMD, Dr Ulrika Ericson, selaku ketua penelitian, menyatakan jika lemak dalam makanan punya peran yang sangat penting dalam mengatasi masalah diabetes tipe 2, dengan cara memengaruhi metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin.

Dalam penelitian terbaru yang juga dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Association for the Study of Diabetes (EASD) di Wina, menyatakan jika konsumsi produk susu tinggi lemak, termasuk susu susu full cream, ternyata efektif untuk mengurangi risiko serangan diabetes tipe 2 sampai 23 persen

Lebih lanjut lagi, Ericson menyatakan jika penurunan risiko diabetes tipe 2 tersebut justru terlihat lebih signifikan untuk produk susu tinggi lemak. Bahkan untuk membuktikannya, para peneliti ini pun kemudian mengumpulkan data sebanyak 26.930 peserta yang berusia di antara 45-74 tahun.

Setelah 14 tahun melakukan pengujian, akhirnya ditetapkan jika sebanyak 2.860 peserta divonis menderita diabetes tipe 2, sedangkan sisanya, justru sehat dan tidak memperlihatkan gejala terkena penyakit diabetes ataupun obesitas.

Dalam pemaparannya, Ericson menyatakan jika asupan susu yang lebih tinggi, efektif menurunkan risiko serangan diabetes tipe 2 hingga 23persen. Semakin tinggi tingkat konsumsi susu harian (tertinggi sekitar 8 porsi per hari) maka akan semakin rendah kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Tetap pilih daging rendah lemak

Lebih lanjut lagi, Ericson menyatakan jika temuan ini bukan berarti merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi daging tinggi lemak. Bagaimanapun juga, susu dan daging merupakan produk protein yang berbeda, walaupun sama-sama dihasilkan dari sapi.

Dengan kata lain, kamu bisa memilih susu tinggi lemak, termasuk susu full cream untuk mencegah obesitas dan diabetes, tapi hindari daging tinggi lemak, termasuk daging sapi, kambing dan lainnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjalankan gaya hidup sehat.

Menurut Erikson, masalah kegemukan dan diabetes, justru lebih banyak disebabkan karena pola makan yang tidak baik, serta gaya hidup yang buruk. Nah Milk Lovers, dengan hasil penelitian ini, sekarang nggak perlu khawatir lagi kan ketika kamu akan mengonsumsi susu full Cream?