Susu merupakan produk hewani yang sampai detik ini masih digemari di seluruh dunia. Tak hanya dibuat jadi minuman, susu juga sudah digunakan sebagai bahan baku makanan serta produk kecantikan seperti masker dan sabun. Selain itu, berbagai penelitian telah menyebutkan manfaat dan keuntungan yang bisa Milk Lovers dapatkan dari susu. Salah satu peran susu yang masih sering diterapkan adalah pertolongan pertama untuk seseorang yang mengalami keracunan. Namun, apa benar minuman ini mampu menolong Milk Lovers dari keracunan?

Fungsi susu untuk menangani keracunan

Untuk meluruskan anggapan tersebut, Dr. dr. Arini Dewi Widodo, SpA(K) mengungkapkan bahwa susu sebenarnya bukan obat untuk mengatasi keracunan. Akan tetapi, minuman tersebut mampu memberikan manfaat tertentu saat Milk Lovers berada dalam kondisi keracunan. Mengapa demikian? Pasalnya, susu mempunyai fungsi sebagai pengencer atau dilusi. Jika seseorang diberikan susu dalam porsi yang cukup banyak, maka kadar racun dalam tubuhnya otomatis berkurang.

Selain itu, susu juga masih punya benefit lain untuk tubuh yakni melapisi saluran cerna. Dalam hal ini, Arini menambahkan bahwa minuman tersebut memiliki kemampuan membilas, sehingga Milk Lovers tak akan mengalami penyempitan sistem pencernaan. Kemudian, susu memiliki kandungan laktosa. Jadi, kalau Milk Lovers minum susu dalam jumlah besar, maka minuman tersebut akan cepat dikeluarkan pula oleh tubuh. Hal ini nyatanya sangat penting bagi mereka yang tidak sanggup menampung susu dalam kapasitas banyak atau mempunyai kondisi bernama intoleran laktosa.

Arini memaparkan, perut akan merasa kurang enak saat mengetahui kadar susu yang masuk melampaui batas, sehingga kemudian dikeluarkan lewat buang air. Cara ini pula yang dibutuhkan buat mengeluarkan racun. Fungsi ini pun ditemukan pula pada air putih, sebab minuman tersebut dapat membilas, mendilusi, dan mengencerkan. Hanya saja, air putih tidak bisa mengeluarkan racun lebih cepat seperti susu.

Walau demikian, susu bukan pertolongan pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi keracunan, Milk Lovers. Kalau seseorang mengalami keracunan, segera konsultasikan  ke dokter untuk memperoleh penanganan medis yang tepat. Biasanya, dokter akan menangani pasien yang mengalami gejala keracunan dengan memasangkan selang ke lambung. Kemudian, lambung akan dibilas sampai racun habis dibilas dan keluar dari tubuh.

Nah, semoga penjelasan di atas dapat membantu Milk Lovers mengambil langkah yang lebih tepat saat seseorang mendadak mengalami keracunan, ya!