Kolagen adalah salah satu protein yang paling melimpah di dalam tubuh yang mendukung jaringan tubuh Milk Lovers. Kolagen memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit, kestabilan otot, tendon, tulang rawan, dan ligament. Ada banyak makanan dan minuman yang dapat membantu Milk Lovers memproduksi dan mengembalikan kolagen dalam tubuh.

Ketika memasuki usia lanjut, kulit akan kehilangan sebagian kekencangan dan elastisitasnya. Hal ini disebabkan karena kerusakan dan hilangnya kolagen pada lapisan kulit. Ketika kulit kehilangan kolagen dalam proses penuaan, kulit pun menjadi lebih tipis sehingga muncul kerutan, Ketika kolagen rusak, kulit pun menjadi lemah dan menjadi kendur. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghambat efek penuaan tersebut misalnya dengan memberikan suntikan pengisi jaringan lunak, Tetapi jika Milk Lovers tidak nyaman dengan operasi plastik karena resiko dan biayanya yang mahal, Milk Lovers dapat memilih solusi yang alami yaitu dengan meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen di dalam tubuh dapat dihasilkan dengan cara mengkonsumsi makanan – makanan yang mengandung banyak vitamin C, vitamin K, dan juga protein. Salah satu asupan yang diketahui dapat meningkat produksi kolagen secara alami adalah susu. Minum susu secara teratur dipercaya dapat meningkatkan kolagen di dalam tubuh, Susu kaya akan protein dan vitamin yang berperan penting dalam produksi kolagen. Asam amino di dalam susu merupakan elemen penting yang berperan dalam pembentukan kolagen.

Jika tubuh kekurangan asam amino, produksi kolagen juga akan terhambat, Theronine merupakan asam amino esensial yang sangat penting untuk memproduksi kolagen. Sayangnya asam amino ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga wajib diperoleh dari bahan makanan, salah satunya adalah susu.

Selain mengkonsumsi susu secara teratur, Milk Lovers juga dapat mengkonsumsi olahan susu lainnya seperti keju, yoghurt, dan dadih. Semua produk susu sangat bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi kolagen. Selain susu, sebenarnya masih ada beberapa jenis makanan lainnya yang juga turut berperan penting dalam produksi kolagen. Berikut ini adalah makanan tersebut.

Buah-buahan

Jenis buah yang bermanfaat untuk produksi kolagen adalah yang kaya vitamin C seperti anggur, pepaya, ara ungu, blueberry, plum, blackberry, kismis, kiwi, lemon, grapefruit, stroberi, jeruk, dan tomat.

Sayuran

Berbagai sayuran yang dikonsumsi sehari-hari juga ikut membantu produksi kolagen tubuh, di antaranya adalah kubis, asparagus, terong, tomat, kale, bit, kubis, paprika, brokoli dan bayam.

Kacang

Kacang mengandung asam hyaluronic yang dapat membantu produksi kolagen. Selain itu, Milk Lovers juga dapat mengkonsumsi produk olahan kacang seperti selai kacang atau mentega kacang.