Banyak pelaku diet yang dengan sengaja mengabaikan susu karena dianggap bisa menggagalkan program diet mereka. Hal ini berhubungan langsung dengan kandungan lemak dalam susu yang katanya bisa meningkatkan berat badan yang mengonsumsinya.

Padahal, dalam susu terkandung banyak sekali nutrisi, dari mulai kalsium, protein, zat besi, vitamin B12, dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan lemak dalam susu pun termasuk dalam golongan lemak baik yang mudah dibakar tubuh menjadi sumber energi.

Kandungan protein dalam susu pun ampuh menjaga perut tetap kenyang, sehingga Anda bisa terhindar dari kebiasaan mengonsumsi banyak makanan. Dengan kata lain, susu jelas tidak menyebabkan berat badan meningkat.

Justru Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian terbaru menyebut jika kombinasi susu dan makanan dengan kandungan vitamin B12 lebih ampuh menurunkan berat badan dengan cepat ketimbang mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak. Bahkan penurunan berat badan ini jauh lebih cepat ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi susu sama sekali.

Seperti disebutkan di atas, susu ampuh menjaga berat badan tetap ideal karena kandungan protein, lemak, dan vitamin B12 di dalamnya. Menurut Dr. Katherine Zeratsky, pakar nutrisi dan diet dari mayoclinic, menyebut jika vitamin B12 efektif membantu tubuh untuk dapat membakar lemak dengan cepat.

Selain itu, vitamin B12 pun ampuh meningkatkan metabolisme tubuh, yang mempercepat proses pembakaran lemak, dan menurunkan berat badan.

FYI, vitamin B12 dalam sendiri memang bukan kandungan utama dalam susu (hanya sedikit). Nah agar program penurunan berat badan ini berjalan lebih maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi sumber vitamin B12 tambahan (selain susu), seperti daging tanpa lemak, telur rebus, alpukat, ubi rebus dan lainnya.

Seimbangkan asupan nutrisi Anda dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Berolahraga rutin, setidaknya 30 menit setiap hari, dan menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan, merupakan trik jitu untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

Jangan lupa, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dan istirahat yang cukup agar sistem metabolisme Anda bekerja lebih maksimal. Selamat mencoba Milk Lovers!