Meskipun dianggap hal yang biasa, dismenorea atau yang dikenal dengan nama nyeri menstruasi, merupakan salah satu gangguan yang cukup menyiksa. Menurut para ahli, biasanya menstruasi disebabkan karena adanya penyakit tertentu, seperti endometriosis, atau kondisi lainnya.

Untuk mengatasinya, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Obstetics and Gynaecology Research tahun 2010, menyebut jika wanita yang rutin mengonsumsi susu akan mengalami nyeri menstruasi yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak minum susu.

Dalam keterangannya, tim peneliti menjelaskan jika hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium dan magnesium, dua zat yang terbukti secara klinis efektif untuk menenangkan pembuluh darah, sehingga rasa sakit akibat menstruasi bisa diatasi.

Senada dengan itu, dr. Alyssa Diandra dari alodokter.com, setuju jika susu memang efektif untuk mengatasi masalah nyeri menstruasi, terutama susu hangat yang bisa dengan cepat menenangkan otot dan pembuluh darah, sehingga masalah ketidaknyamanan saat haid bisa diminimalisir.

Susu Kaya Akan Vitamin D

Selain karena mengandung kalsium dan magnesium, sebuah penelitian yang dilakukan di Italia, membuktikan jika rasa sakit saat menstruasi berhubungan erat dengan asupan vitamin D Anda.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti menganalisa 40 orang wanita sehat yang mengonsumsi suplemen vitamin D3 dengan dosis 300.000 IU, dan dilakukan terus setiap hari selama sepekan menjelang periode menstruasi. Sementara kelompok lainnya mendapat perlakuan plasebo.

Setelah dua bulan, mereka menemukan aktivitas penurunan keluhan rasa sakit hingga 41 persen pada kelompok wanita yang mengonsumsi vitamin D3, sedangkan peserta penelitian yang mendapat perlakukan plasebo, dilaporkan tidak mengalami perubahan apapun terkait nyeri menstruasi.

Dalam keterangannya, Dr. Jill Rabin, Kepala Bagian Obstetri dan Ginekologi Long Island Jewish Medical Center, menyebut jika vitamin D3 efektif menghambat kerja prostaglandin sehingga mengurangi rasa sakit. Selain itu, vitamin D3 pun memiliki efek anti inflamasi.

Dengan bukti penelitian ini, setidaknya sudah ada 2 penelitian yang berhasil membuktikan jika susu memang efektif untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Tapi ingat, agar lebih maksimal pastikan Milk Lovers tetap mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga. Selamat mencoba!