Tidak hanya baik untuk tulang, konsumsi susu ternyata baik untuk persendian. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan Bastyr Centre for Natural Health, dalam susu terdapat banyak sekali zat penting yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh, sekaligus mengatasi masalah persendian.

Nah, kalau begitu nyeri persendian bisa juga dong disembuhkan dengan konsumsi susu?

Yup, benar banget. Dalam penelitian yang sama, dijelaskan jika susu mampu mengatasi masalah persendian, termasuk nyeri sendiri dan mempercepat penyembuhan trauma cidera tulang. Dengan rutin konsumsi susu, nyeri sendiri kini bukan masalah lagi.

Sekilas tentang nyeri sendi

Selain ini, banyak yang menduga jika nyeri sendi merupakan penyakit yang hanya diderita para lansia saja. Padahal faktanya, nyeri sendi bisa dialami oleh siapa saja, termasuk Milk Lovers yang masih berusia relatif muda. Penyebabnya banyak, dari mulai obesitas, kurang kalsium dan penyebab lainnya.

Rasa nyeri pada sendi ini utamanya disebabkan oleh rusaknya jaringan tulang rawan, sehingga satu tulang dengan tulang lainnya akan saling berbenturan ketika bergerak, tanpa adanya pembatas batala berupa sendi. Kondisi ini jelas sangat menyiksa, terutama saat Milk Lovers harus dipaksa untuk melakukan gerakan intens.

Selain itu, nyeri sendi pun bisa disebabkan karena chondromalacia patellae atau kerusakan tulang rawan di belakang tempurung lutut, bisa juga karena Haemarthrosis atau pendarahan di bagian sendi akibat retak lutut atau bisa juga karena ligamen robek.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Seperti disebutkan di atas, konsumsi susu secara teratur, minimalnya 2 kali per hari, terbukti efektif untuk memperkuat sendi, dan memperlancar gerakan Milk Lovers. Agar lebih maksimal, Milk Lovers pun didorong untuk mengonsumsi makanan sehat sebagai pendamping.

Tidak hanya itu, nyeri sendi pun bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen glucosamine dan chondroitineyang. Kedua suplemen ini terbukti ampuh untuk memperbaiki jaringan tulang rawan, sekaligus membantu Milk Lovers untuk memaksimalkan fungsi susu yang bersifat anti-peradangan pada sendi.

Selama dalam masa terapi, sebaiknya hindari aktivitas fisik atau gerakan-gerakan yang melibatkan sendi yang sedang meradang. Ingat Milk Lovers, kalau ternyata rasa sakit ini nggak kunjung reda, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.