Susu sudah menjadi kebutuhan yang melekat dalam kehidupan banyak orang. Keberadaannya di dunia kuliner bahkan bukan sekadar minuman lagi, Milk Lovers. Susu kini telah dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan berat hingga kue. Tidak sedikit juga kosmetik atau produk kecantikan yang memakai susu dalam komposisinya karena punya dampak positif terhadap kulit wajah.

Berbagai penelitian pun terus dilakukan ilmuwan untuk menemukan khasiat dan potensi yang bisa mereka kembangkan dari susu. Dari sekian studi yang pernah dilakukan, salah satunya menyebutkan bila susu memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja otak. 

Konsumsi Segelas Susu Sehari Untuk Otak Lebih Sehat

Sejumlah ilmuwan dari Universitas Maine, Amerika Serikat, meminta 972 responden laki-laki dan perempuan untuk mengisi survei terkait makanan yang mereka konsumsi serinci mungkin. Termasuk di antaranya frekuensi mengonsumsi susu dan produk olahannya, meski artinya mereka meminum susu bersama teh maupun kopi dalam rutinitas sehari-hari. Sementara rentang usia responden yang terlibat dalam studi tersebut berkisar dari 23 hingga 98 tahun.

Kemudian, para responden diminta melengkapi delapan uji ketelitian guna memeriksa daya ingat, konsentrasi, serta kemampuan belajar. Studi yang lantas diterbitkan dalam International Dairy Journal, seperti yang disitat dari Daily Mail edisi 31 Januari 2012 ini memperlihatkan bahwa responden dari orang dewasa yang mengonsumsi susu dan produk olahannya lima hingga enam kali seminggu sanggup mengerjakan soal tes daya ingat. Sementara responden yang jarang atau hampir tak menyentuh susu tak memberikan hasil sebaik responden yang rutin minum susu.

Para peneliti dalam studi tersebut menambahkan mengonsumsi minimal segelas susu sehari (dalam hal ini susu rendah lemak atau bebas lemak) memberikan benefit terhadap kesehatan otak. Dalam beberapa tes, responden dari kategori orang dewasa yang jarang mengonsumsi susu rupanya berpeluang gagal hingga lima kali atau lebih dibandingkan mereka yang menyantapnya dua sampai empat kali seminggu.

Kemudian, para ilmuwan pun yakin jenis nutrisi tertentu dalam susu—misalnya magnesium—dianggap dapat mengurangi risiko kehilangan daya ingat. Mereka menduga makanan yang menggunakan susu sebagai salah satu bahannya bisa mencegah gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi sampai penyakit jantung. Dengan kata lain, Milk Lovers bakal mempunyai daya ingat yang bagus.

Meski demikian, segelintir ilmuwan masih meragukannya. Apalagi ada produk susu yang berpotensi memicu penyakit jantung hingga stroke.