Lebih dari 20% anak-anak sekolah di Indonesia menggunakan internet sebagai penunjang kegiatan belajar dan bermain. Internet memang sangat membantu tetapi terkadang bisa menjadi boomerang yang kapan saja menyerang. Oleh karena itu, peranan orang tua sangat penting untuk memantau aktivitas anak dalam bermain dan mengakses internet. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan Milk Lovers untuk memantau si kecil.

Meletakkan Komputer dan Laptop di Ruang Keluarga

Langkah pertama yang paling mudah adalah menata peletakan komputer. Sebaiknya Milk Lovers jangan membiarkan anak bermain internet dan komputer sendirian di dalam kamar. Agar aktivitas si anak bisa terpantau, Milk Lovers seharusnya meletakkan komputer tersebut di ruangan yang mudah dimonitor seperti ruang keluarga. Setelah komputer diletakkan di ruang keluarga, Milk Lovers harus membuat password khusus di komputer agar si anak tak bisa menggunakannya sembarangan.

Mengetahui Password Media Sosial Si Anak

Biasanya anak-anak suka sekali membuat sosial media seperti Facebook, Twitter atau MySpace. Sebagai orang tua cerdas, ada baiknya Milk Lovers mengetahui password media sosial si anak. Milk Lovers bisa mengecek aktivitas mereka di media sosial. Cara ini juga berguna bagi orangtua untuk menyaring teman-teman dan aktivitas di dunia maya. Jika si anak memberikan informasi pribadi di media sosial, sebaiknya Milk Lovers langsung mengeditnya agar teman dunia maya tak menghubungi atau mengetahuinya.

Memasang Parental Control di Komputer Anak

Selain itu, jangan lupa pasanglah fitur parental control pada komputer anak. Perangkat lunak ini sangat berguna untuk memblok alamat situs yang kurang pantas dibuka oleh si anak. Saat si anak ingin membuka situs tak senonoh, maka sistem parental control bisa mengantisipasinya. Saat ini banyak sekali situs-situs kurang pantas dan pengaruh negatif internet dikarenakan kurangnya pemahaman tentang internet itu sendiri. Ada baiknya Milk Lovers mencoba menerangkan bahaya internet bagi anak kecil dan situs-situs kurang pantas untuk dibuka.

Selalu Mengecek Aktivitas Si Anak dalam Mengakses Internet

Langkah terakhir adalah ketahuilah aktivitas anak dalam mengakses internet. Banyak anak yang salah asuh dan monitor sehingga terjerumus ke bahaya dan dampak negatif internet. Milk Lovers harus meminimalkan resiko tersebut. Milk Lovers seharusnya bisa selalu mengecek aktivitas si anak dalam mengakses internet. Misalnya Milk Lovers membuka history komputer untuk melihat situs-situs apa saja yang dibuka oleh si anak. Jika ada situs kurang pantas, segera tegur si anak.