Ngompol adalah kejadian dimana seseorang buang air kecil tanpa sadar. Biasanya ngompol seringkali terjadi pada balita dan anak-anak terutama saat malam hari. Hal ini adalah sesuatu yang wajar terjadi. Tetapi kalau si anak sering ngompol terutama ketika sudah dewasa, pastinya membuat Milk Lovers menjadi gusar dan panik.Faktor penyebab ngompol dikarenakan keturunan, gangguan psikologis, infeksi saluran kemih, ataupun gangguan hormon. Berikut ini cara mengatasi ngompol yang bisa dilakukan Milk Lovers.

Mengajak Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan Milk Lovers adalah dengan menerapkan kebiasaan baik. Milk Lovers bisa membiasakan si anak untuk buang air kecil lebih dahulu sebelum tidur. Cara ini dianggap mudah dan efektif untuk mengatasi kebiasaan ngompol si anak. Cara ini juga bertujuan untuk membuang cadangan air di dalam kandung kemih. Setelah sebelum tidur sudah buang air kecil, Milk Lovers juga bisa mengajak anak buang air kecil 4 – 5 jam setelah tidur agar si anak tidak ngompol di malam hari.

Mengatasi dengan Alarm Kelembaban

Untuk mengatasi kebiasaan ngompol pada anak, Milk Lovers bisa memanfaatkan cara yang lebih modern. Milk Lovers bisa memasang alarm kelembaban. Apa itu alarm kelembaban? Alat modern ini sangat berguna untuk mengatasi kebiasaan ngompol. Alarm ini terdapat clip-on sensor yang berguna untuk mendeteksi kelembaban pada anak. Alarm kelembaban ini akan bekerja dan nyala saat anak mengompol. Alarm ini akan membuat si anak bangun dan secara langsung pergi buang air kecil. Dengan cara ini, akan membantu si anak secara bertahap untuk mengkondisikan otak merespon sinyal kandung kemih saat ingin pipis.

Memberikan Terapi pada Si Anak

Cara lain untuk menghentikan kebiasaan ngompol si anak adalah dengan memberikan terapi pada si anak. Milk Lovers dapat menerapkan terapi pada si anak untuk memperkuat otot kandung kemih. Ketika si anak ingin pipis atau buang air kecil, Milk Lovers bisa menyuruh anak untuk menahan beberapa saat. Tapi, jangan menyuruh si anak menahan terlalu lama karena kurang baik bagi kesehatan. Milk Lovers juga harus memberikan pengertian dan pemahaman tentang keinginan untuk buang air kecil saat malam hari.