Milk Lovers, menurut pakar dari National Sleep Foundation (NSF), Amerika, kebutuhan tidur setiap orang berbeda sesuai dengan kelompok usianya. Khusus untuk orang dewasa, rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam per malam, sementara remaja dan anak membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah kurang tidur?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur, salah satu caranya, beberapa orang mengatasi masalah tidur dengan cara mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur. Fakta atau Mitos ? Ternyata fakta loh Milk Lovers!

Dilansir dalam Only My Health, yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Sahmyook, Korea Selatan, dan dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food di tahun 2015, menyebutkan bahwa susu efektif membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia. Tapi ingat, susu hangat yang dimaksud di sini merupakan susu murni atau susu UHT yang dihangatkan (tidak sampai mendidih). Cara menghangatkannya, cukup dipanaskan di atas kompor selama beberapa menit saja, jangan sampai mendidih.

Hal tersebut karena susu merupakan sumber kalsium, potasium dan vitamin D. Kandungan nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium dan vitamin D dalam susu, efektif untuk melancarkan sirkulasi darah dan memberikan efek rileks di tubuh.

Susu pun kaya akan asam amino yang disebut tryptophan. Asam amino yang satu ini akan di olah tubuh menjadi serotonin dan melatonin. Kedua senyawa ini terbukti ampuh memulihkan fungsi tubuh, memberikan efek tenang, hingga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Efektif Mengatasi Kelaparan di Tengah Malam

Selain kondisi cuaca atau tempat tidur yang tidak nyaman, terkadang seseorang akan terbangun di tengah malam karena merasa lapar. Hal inilah yang membuat Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, hingga akhirnya memicu obesitas.

Nah untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur. Kandungan protein dalam susu efektif untuk membuat perut kenyang lebih lama, hingga akhirnya Anda pun akan terbebas dari masalah lapar di tengah malam.

Bonusnya, susu pun baik digunakan sebagai menu penutup makan malam dan memaksimalkan program diet Anda. Tapi ingat, pilih produk susu UHT, bukan raw milk atau susu kental manis yang tinggi kandungan garamnya.