Menguap seringkali diidentikan dengan ngantuk. Tentu saja solusi untuk mengatasi masalah ini adalah tidur. Hal ini pun berlaku bagi anak-anak, dimana ketika mereka terlihat menguap, orangtua biasanya akan langsung menyuruh mereka untuk tidur, terlebih ketika jam tidur (siang atau malam) sudah datang.

Tapi bagaimana jika Si Kecil sudah tidur sejak jam 8 malam, dan bangun jam 6 pagi, tapi di siang hari mereka masih terlihat sering menguap?

Mengenai kondisi ini, sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terlihat mengantuk walaupun jam tidur malamnya terbilang sudah cukup, hal ini berlaku juga bagi anak-anak dan orang dewasa. Beberapa diantaranya adalah :

Mengalami Kebosanan

Siapapun bisa dilanda kebosanan, terlebih bagi anak-anak yang nalurinya hanya ingin bermain. Saat mereka harus diam dengan suasana yang membosankan, otak pun akan merespon kondisi ini dengan mendatangkan rasa kantuk, dan mereka pun terlihat sering menguap.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah, biarkan mereka melakukan hal yang disukainya, terutama bermain di luar ruangan. Tapi ingat, tetap awasi mereka!

Terpengaruh Faktor Suhu

Menurut Andrew C. Gallup, PhD, peneliti dari Universitas Princeton, Amerika, menguap merupakan respon tubuh untuk mendinginkan otak. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena banyak faktor cuaca atau kondisi udara di sekitar.

Masalah Epilepsi

Mungkin Anda sedikit terkejut dengan hal ini. Tapi keseringan menguap juga bisa jadi tanda anak-anak mengalami epilepsi. Hal ini disebabkan karena masalah kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal dan bisa membuat anak-anak menguap secara berlebihan.

Biasanya, menguap karena masalah kesehatan terjadi secara berulang selama beberapa minggu. Untuk memastikannya, sebaiknya segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Gangguan tidur

Andrew mengatakan jika tidur yang baik bukan sesuai kuantitas, tapi kualitas. Anak yang sering menguap bisa saja disebabkan karena kualitas tidur mereka terganggu karena banyak hal, seperti cahaya berlebihan, suara bising, flu dan lainnya, yang membuat mereka tidak benar-benar tidur.

Untuk memastikan kualitas tidur anak-anak maksimal, pastikan mereka mendapat tempat tidur yang nyaman, suasana yang tenang dan segelas susu hangat sebelum tidur. Selamat mencoba Milk Lovers!