Milk lovers pasti sudah tahu bahwa susu merupakan minuman berkalsium tinggi. Jadi tak heran, jika kita sering mendengar istilah susu tinggi kalsium dalam beberapa produk iklan. Sesuai slogannya, susu tinggi kalsium tentu memiliki kandungan kalsium lebih besar ketimbang produk susu biasa. Umumnya banyak dikonsumsi oleh anak-anak hingga remaja untuk masa pertumbuhan.

Tapi, pernahkah Milk Lovers mendengar istilah susu padat kalsium? Apakah maksud dari susu padat kalsium dan apakah sama dengan susu tinggi kalsium? Untuk menjawab istilah-istilah dalam produk susu ini, yuk kita bahas detailnya di bawah ini.

Susu Padat Kalsium Sama Halnya dengan Susu Tinggi Kalsium

Bagi sebagian orang mengartikan sama antara susu padat kalsium dengan susu tinggi kalsium. Dimana dalam satu produk susu, itu memiliki kandungan nutrisi kompleks dan komposisi kalsium tinggi. Di antaranya ada protein, magnesium, vitamin, fosfor, zinc, lemak dan mineral lainnya.

Nutrisi yang kompleks tersebut merupakan hasil olahan untuk memaksimalkan manfaat susu. Ini karena susu hewani atau nabati umumnya hanya mengandung kalsium, protein dan lemak. Tapi untuk menunjang kebutuhan manusia yang beragam terciptalah varian produk susu. Varian tersebut dibedakan berdasarkan kandungan lemak dan cara pengolahannya.

Itulah mengapa Milk Lovers mengenal susu cair, susu bubuk, susu skim, susu hamil, susu bayi dan sebagainya. Termasuk susu padat kalsium atau susu tinggi kalsium. Jadi di dalam susu padat kalsium terdapat kandungan kalsium cukup besar ditambah gizi lain yang kompleks dan padat.

Susu Padat kalsium Itu Padat Secara Kandungan Gizi dan Juga Bentuknya

Selain anggapan di atas, beberapa orang menilai susu padat kalsium itu padat secara kandungan gizi dan bentuknya. Dari sejumlah artikel, pakar kesehatan dan orang terkait mendefinisikan susu padat kalsium sebagai susu kering (susu bubuk). Sementara itu, susu kering sendiri masih terbagi dalam beberapa varian seperti susu kering berlemak dan tanpa lemak. Konsumsinya juga ditujukan untuk usia yang berbeda-beda, mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Di Indonesia, susu padat kalsium atau susu kering merupakan salah satu produk yang paling banyak dijumpai. Bubuknya berwarna putih kekuningan dengan bau khas susu. Di kemasan produk biasanya tertera kandungan atau komposisi gizi yang kompleks dan padat. Selain langsung dikonsumsi, susu jenis ini umumnya banyak digunakan untuk pembuatan kue. Alasannya karena hasil akan lebih baik, baik dalam hal rasa maupun bentuk.

Susu padat kalsium dibuat agar proses penyimpanannya lebih tahan lama. Proses pengolahannya dari susu murni yang di pasteurisasi lalu diuapkan. Kemudian di spray-drying agar cairan susu menjadi padat. Proses pengolahan ini cukup panjang dan biasanya turut mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Nah, agar gizi tetap optimal ditambahkanlah zat lain sesuai kebutuhan konsumen. Misalnya menambahkan kalsium dan zat gizi lain untuk membantu tumbuh kembang anak-anak.