Susu apa yang Milk Lovers minum setiap hari? Apakah susu sapi? Atau susu kambing? Di dunia ini ada banyak sumber untuk mendapatkan susu selain sapi dan kambing. Contohnya adalah susu kerbau, susu unta, bahkan susu kedelai dan susu almond. Susu sapi masih menjadi susu yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Sedangkan susu lain selain sapi biasanya banyak dikonsumsi sesuai dengan komoditi utama peternakannya atau untuk Milk Lovers yang punya alergi atau intoleransi terhadap laktosa yang terdapat pada susu sapi.

Tapi untuk urusan perawatan kulit, susu sapi masih jadi juaranya. Susu sapi yang paling baik untuk kesehatan kulit adalah susu murni alias tanpa melalui proses pasteurisasi terlebih dulu. Tetapi kalau Milk Lovers sulit mendapatkan susu sapi murni, susu sapi yang sudah banyak dijual di toko juga boleh kok, asal perhatikan kandungan lemak, gula, dan kalorinya ya.  Mengapa susu sapi adalah yang terbaik? Karena susu sapi mengandung lebih banyak kalsium, vitamin, dan potassium dibanding susu lain. Mau tahu apa peran kandungan susu sapi yang unggul untuk kesehatan kulit?

Kalsium untuk kulit yang lebih lembut

Milk Lovers pasti sudah familiar dengan manfaat kalsium. Biasanya kita tahu bahwa kalsium sangat baik untuk keutuhan tulang dan kekuatan gigi. Ternyata, kalsium juga berperan dalam  menjaga kulit Milk Lovers tetap lembut dan mencegah jerawat. Kalsium sangat penting untuk proses regenerasi sel baru yang menggantikan sel sudah rusak atau sudah mati. Dengan proses regenerasi yang maksimal maka kulit Milk Lovers bisa tetap sehat dan jauh dari penuaan dini. Selain itu kalau konsumsi kalsium harian Milk Lovers kurang, kulit bisa menjadi lebih mudah kering, iritasi, dan membentuk kerutan.  Lebih jauh lagi kalsium bisa mengurangi resiko Milk Lovers terkena kanker kulit karena paparan sinar matahari tanpa perlindungan.

Rajin mengonsumsi susu sapi yang tinggi kalsium atau menggunakan susu sapi untuk masker wajah bisa mencegah wajah jadi jerawatan. Ini karena kalsium punya manfaat untuk mencegah kulit mengalami peradangan. Selain itu kalsium juga berperan untuk melindungi kolagen yang berguna untuk membuat kulit tetap lembut dan mulus meski sudah bukan remaja lagi. Kandungan kalsium pada susu sapi adalah yang paling banyak di antara jenis susu yang lain.

Protein untuk membentuk kolagen

Susu sapi mengandung protein 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan jenis susu yang lain. Jika kalsium tugasnya adalah melindungi kolagen, protein ini justru yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen. Seperti telah disebutkan, kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap lembut dan mulus. Kolagen bisa diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi kini juga ada suntik kolagen yang dilakukan oleh dokter profesional untuk membantu Milk Lovers yang sudah berusia di atas 30 tahun. Ini karena semakin bertambah usiamu, semakin berkurang kolagen alami yang diproduksi oleh tubuh. Karena itu, yuk rajin minum susu sapi agar tubuh bisa tetap memproduksi kolagen semaksimal mungkin.