Milk Lovers, apakah Anda pernah merasakan sangat lelah dan malas melakukan aktivitas meskipun sudah tidur cukup dan konsumsi makanan sehat? Nah jika Anda sekarang sedang merasakan hal seperti itu, sebaiknya cek lagi kebiasaan yang belakangan ini sering dilakukan.

Menurut Dr Petra Simic, dari Bupa Health Clinics, setidaknya ada 4 hal yang bisa membuat Anda merasa sangat lelah meskipun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat dan sudah cukup beristirahat.

Konsumsi Kafein Berlebih

Mengonsumsi kafein merupakan solusi yang banyak dipilih agar merasa lebih berenergi dan selalu fokus. Tapi hati-hati, kafein bersifat diuretik yang bisa membuat Anda kehilangan banyak cairan hingga akhirnya mengalami dehidrasi.

Dalam jangka waktu tertentu, konsumsi kafein berlebih bisa membuat tubuh merasa sangat lelah, mata sulit terpejam, jantung berdebar dan tubuh mengeluarkan keringat dingin. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Anda mengonsumsi kafein tidak lebih dari 200 mg per hari.

Konsumsi Alkohol

Nggak beda jauh dengan kafein, minuman beralkohol pun bersifat diuretik hingga akhinya membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Tidak hanya itu, minuman beralkohol pun bica memicu pengurangan jumlah REM (rapid eye movement) yang memuat tidur Anda kurang berkualitas.

Tidur yang tidak berkualitas dan dehidrasi inilah yang membuat Anda akan merasa sangat lemas dan malas bergerak setelah pesta liar semalaman, walaupun setelah itu Anda tidur cukup.

Kurang Istirahat dan Olahraga

Rutinitas kerja yang sangat padat terkadang membuat Anda lupa beristirahat. Alhasil, kondisi ini akan membuat tubuh merasa lelah dan sulit berkonsentrasi. Parahnya lagi, kelelahan yang bersikap psikis (stress) tidak cukup hanya diobati dengan beristirahat.

Untuk membuat tubuh kembali segar dan bugar, hal pertama yang harus dilakukan adalah, istirahat total, lakukan relaksasi, konsumsi banyak air putih dan bersantai. Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar dan siap menjalani aktivitas kembali.

Konsumsi Gula Berlebihan

Gula memang mampu memberi supan tenaga yang cukup besar. Tapi jika dikonsumsi secara berlebih, gula justru bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Efek ini sama seperti saat Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein, minuman beralkohol dan garam.

Untuk mengatasinya, sebaiknya segera kurangi mengonsumsi gula, dan perbanyak mengonsumsi makanan bergizi, seperti susu, daging, ikan, sayuran dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Dengan cara ini, tubuh akan pulih kembali dan siap mulai beraktivitas kembali.

Milk Lovers, jika hal-hal diatas sudah dijauhi dan tubuh tetap merasa sangat kelelahan, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.