Kopi memang memiliki sejumlah manfaat, dari mulali mengatasi kantuk, meningkatkan fokus hingga dipercaya mampu meningkatkan mood. Tidak heran jika akhirnya kopi jadi salah satu minuman terfavorit di dunia, dan jadi idola para remaja.

Tapi hati-hati Milk Lovers, konsumsi kafein untuk orang dewasa hanya boleh sampai 300 - 400 mg, atau sekitar 6 cangkir saja. Kalau lebih dari itu, berikut efek buruk yang bisa kamu terima.

Insomnia

Seperti disebutkan di atas, kopi mengandung tinggi kafein yang betugas untuk membuat otak selalu terjaga. Imbasnya, dalam pengaruh kafein kamu tidak akan merasakan kantuk.

Jika dikonsumsi pagi hari, kopi bisa dijadikan sebagai alternatif agar kamu tidak mengantuk pas pergi ke sekolah. Tapi jika dikonsumsi sore atau malah hari, efeknya bisa membuat kamu insomnia. Jika sudah begini, maka resiko kesehatan pun menghantui, dan aktivitas di siang hari akan terganggu.

Tekanan Darah Meningkat

Salah satu tanda dari overdosis kafein atau konsumsi kafein secara berlebih adalah, jantung berdebar kencang, tekanan darah meningkat. Hal ini disebabkan karena overdosis kafein bisa membuat pembuluh arteri mengkerut, dan menghambat aliran darah.

Dalam kondisi yang sangat parah, overdosis kafein bisa membuat menyebabkan stroke, hingga kematian karena serangan jantung.

Gangguan Haid

Jika kamu selama ini kerap disiksa dengan rasa nyeri perut saat haid, sebaiknya perhatikan lagi konsumsi kafein kamu. Pasalnya, kafein bisa berpengaruh kepada retensi garam dan cairan dalam tubuh, hingga menyebabkan pembuluh darah bisa mengerut.

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan peningkatan risiko nyeri haid, mengganggu keseimbangan hormon, hingga membuat mood kamu malah jadi kacau.

Inkontinensia Urin

Kafein bersifat diuretik yang dapat mengurangi retensi air di dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan kamu lebih sering kencing, dan beresiko kehilangan lebih banyak kehilangan sodium dan air, serta menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi.

Milk Lovers, segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Jadi berhati-hatilah, pastikan kamu tidak berlebihan saat mengonsumsi kopi, atau minuman lainnya yang mengandung kafein.