Salah satu alasan kenapa banyak orang enggan minum susu adalah mitos yang menyatakan jika susu bisa membuat gemuk. Hal ini memang cukup beralasan, mengingat susu merupakan makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi.

Apakah benar susu bisa membuat kita gemuk?

Menurut ahli gizi Emilia Achmadi, MS., RD, anggapan susu bisa membuat gemuk merupakan salah kaprah yang terpelihara sejak dahulu. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan kita mengambil informasi hanya sebagian, tanpa melihat konteksnya secara keseluruhan.

Harus diakui, susu sapi memang mengandung lemak. Tapi harus diingat, lemak yang terkandung dalam susu merupakan lemak jenuh yang sangat baik untuk tubuh. Alih-alih merugikan, lemak dalam susu justru bisa memproses pembakaran lemak lainnya jika diiringi dengan olahraga yang cukup.

Dalam 200 ml susu segar, total lemak yang dikandungnya sekitar 9 gram, dengan jumlah lemak jenuh mencapai 7 gram dan kolesterol sekitar 15 mg. Dengan kata lain, kandungan lemak dalam susu jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang lemak yang terkandung dalam gorengan.

Tidak hanya lemak, sebenarnya susu disangka sebagai biang obesitas karena mengandung gula. Padahal yang dikandung dalam susu merupakan gula alami alias laktosa. Lebih lanjut lagi, Emilia memastikan jika konsumsi gula tidak berbahaya, selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Jangan lupakan protein

Selain kandungan lemak dan gula alami di dalamnya, susu pun diketahui sebagai sumber protein, yang baik untuk menunjang pertumbuhannya, menjaga daya tahan tubuh dan lainnya. Dalam 250 cc susu segar, terkandung sekitar 8 gram protein.

Jumlah protein dalam susu memang masih kalah dari sari kedelai yang mengandung 10 gram protein per 250 cc. Tapi perlu diingat, kualitas protein dari susu sapi jauh lebih baik. Hal ini karena sistem pencernaan manusia lebih mudah mencerna susu sapi ketimbang sari kedelai.

Selain itu, susu pun mengandung vitamin A, B, D, magnesium, potasium dan tentu saja kalsium yang merupakan kandungan utamanya. Dengan kata lain, susu merupakan sumber nutrisi lengkap yang wajib dinikmati, tanpa harus khawatir dengan masalah berat badan. Gimana Milk Lovers, setuju?