Selama ini motivasi orangtua memberikan makanan sehat pada anak-anaknya, hanya agar mereka lebih sehat dan cerdas yang berujung pada prestasi yang lebih baik. Padahal lebih dari itu, makanan sehat ternyata bisa membuat anak-anak lebih percaya diri dan bebas dari risiko bullying. Mengapa bisa?

Klaim ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan terhadap 7.675 anak-anak berusia 2-9 tahun, yang berasal dari 8 negara Eropa, yakni Belgia, Estonia, Siprus, Hongaria, Jerman, Spanyol dan Swedia.

Dalam penelitian ini, para peneliti meminta orangtua untuk melaporkan seberapa sering anak-anak mereka mengonsumsi makanan yang berasal dari 43 item makanan yang disediakan oleh para peneliti.

Setelah itu, mereka pun mengamati, dan menentukan Healthy Dietary Adherence Score (HDAS) berdasarkan kepatuhan terhadap pedoman diet sehat, jumlah konsumsi gula dan junk food, jumlah asupan lemak hingga jumlah buah dan sayuran yang mereka konsumsi.

Setelah 2 tahun, tim peneliti kemudian mengulang kembali penelitian dengan mengukur tinggi dan berat badan anak-anak tersebut, mencatat tingkat kebahagiaan dan perilaku.

Hasilnya, anak-anak yang konsisten memenuhi pedoman makanan sehat yang sudah ditetapkan tim peneliti, cenderung jauh lebih rasa percaya diri. Selain itu, mereka pun cenderung memiliki berat badan yang ideal, prestasi yang lebih baik dan lebih ceria.

Dalam keterangannya, juru bicara penelitian, Dr Louise Arvidsson, dari University of Gothenburg, Swedia, menjelaskan jika kesejahteraan psikologi yang ditunjukan oleh anak-anak peserta penelitian, sudah mencakup masalah emosional, hubungan dengan anak-anak lain yang lebih baik dan lainnya.

Menurut Louise, kesejahteraan psikologi inilah yang membuat mereka cenderung berprestasi di sekolah, lebih ceria, sehat, dan jauh dari risiko bullying.

Yang paling menarik, dalam penelitian ini disebutkan jika konsumsi ikan 2-3 kali saji per minggu, efektif meningkatkan kepercayaan diri, menekan masalah emosional, dan membuat mereka mampu menghadirkan solusi atas permasalahan yang terjadi antara mereka dengan teman-temannya.

Selain ikan, peneliti pun secara berurutan menempatkan buah dan sayur sebagai makanan terbaik, yang diikuti oleh jenis makanan lainnya, termasuk kacang-kacangan dan lainnya. Bagaimana Milk Lovers, ternyata makanan sehat itu banyak manfaatnya bukan?