Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang populer di seluruh dunia. awalnya, keju diciptakan untuk membuat susu bisa disimpan dalam waktu yang lama. Tapi karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang nikmat, akhirnya banyak orang yang mulai membuat keju sebagai konsumsi harian.

Biasanya, keju kerap dijadikan sebagai pelengkap makanan berupa roti, baik itu cake, roti tawar ataupun yang lainnya. Nah untuk kandungan gizinya sendiri, nggak jauh beda kok sama susu, di mana keju ini merupakan sumber protein, vitamin, kalsium dan nutrisi lainnya yang terkandung dalam susu.

Keju edam, si lezat dari negeri kincir angin

Kalau kita berbicara tentang ciri khas Belanda, sudah pasti yang langsung terbenak di pikiran kita adalah negeri kincir angin. Hal ini sangat wajar, mengingat sejak ratusan silam, kincir angin kerap digunakan untuk membantu mengairi lahan peternakan dan pertanian di Belanda.

Berkaitan dengan pertenakan, penduduk Belanda pun kebanyakan menggantungkan hidupnya sama sapi, di mana produk-produk olahan susu begitu populer di Belanda, termasuk keju edam yang merupakan salah satu keju khas Belanda asal Kota Edam.

Di Indonesia sendiri, berbagai produk keju asal Belanda begitu akrab di lidah kita. Pasalnya, ketika di jajah belanda dulu, mereka turut membawa makanan khas mereka, yakni keju dengan beragam varian. Hanya saja, tidak seperti di Indonesia yang kebanyakan kejunya terasa asin, justru di keju Edam khas belanda ini memiliki rasa yang cenderung manis.

Lantas, apa sih yang membuat keju asal Belanda ini disebut yang terbaik di dunia?

Bukan tanpa alasan, keju yang di buat di Belanda rata-rata masih menggunakan teknik pembuatan warisan leluhurnya. Tidak heran kalau citarasa keju Edam masih tetap sama hingga kini. Selain itu, sapi Belanda pun dikenal sebagai sapi dengan kualitas terbaik di dunia.

Hal ini ditunjang dengan iklim Belanda yang cenderung dingin, dan pabrik pembuatan keju yang terpusat hanya di beberapa wilayah sejuk di Belanda saja, misalnya keju Edam yang dibuat di daerah Edam (Belanda Utara), dan keju Gouda yang dibuat di daerah Gouda (Belanda Selatan).

Hal inilah yang membuat citarasa keju asal Belanda tetap asli dan tidak berubah dimakan zaman. Bagaimana Milk Lovers, Milk Lovers sudah pernah mencicipi keju Edam khas belanda?