Selama masa kehamilan, Milk Lovers harus makan sebanyak 2 porsi. Satu porsi untuk Milk Lovers sendiri, dan satu porsi lagi untuk janin dalam kandungan. Terdengar masuk akal bukan, tapi ingat Milk Lovers, makan berlebihan berisiko menimbulkan kegemukan. Jelas ini akan membahayakan kehamilan Milk Lovers.

Selain mitos diatas, masih banyak mitos lainnya terkait dengan makanan sehat bagi ibu hamil. Jangan langsung percaya Milk Lovers, mendingan kita cek dulu yuk fakta dan mitos populer tentang makanan sehat bagi ibu hamil.

Jangan konsumsi seafood

Pernah mendengar larangan mengonsumsi berbagai jenis makanan laut bagi ibu hamil? Mitos ini populer karena beberapa jenis makanan laut diketahui mengandung logam merkuri yang berkadar tinggi, hingga berpotensi menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan.

Tapi faktanya, asupan omega-3 justru berasa dari makanan laut, dimana zat yang satu ini berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan otak, sekaligus memaksimalkan perkembangan janin

Teh Hijau

Jika bicara sumber antioksidan, teh hijau merupakan rajanya. Selain mampu memberikan efek menenangkan, teh hijau pun dinilai efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menurunkan level stress selama kehamilan. Hal inilah yang membuat banyak ibu hamil memilih untuk mengonsumsi jenis teh ini.

Tapi faktanya, Menurut Lembaga Kesehatan New South Wales, NSW Health, teh hijau mengandung kafein yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya tidak bisa dilakukan secara berlebihan.

Mangga Muda

Mual dan muntah saat trimester pertama usia kehamilan merupakan hal yang biasa terjadi. Untuk mengatasinya, banyak ibu hamil yang memilih mengonsumsi mangga muda dan makanan asam lainnya.

Faktanya, ternyata rasa mual justru bisa diredakan dengan konsumsi makanan yang kaya akan serat, contohnya saja roti gandum dan lainnya. Sebaliknya, konsumsi mangga muda secara berlebihan akan membuat rasa mual semakin parah karena iritasi lambung.

Nanas

Nanas sering dituduh sebagai makanan yang bisa membuat keguguran. Bahkan khusus untuk jus nanas muda atau nanas mentah, disebut-sebut sebagai makanan pengugur kandungan terbaik di dunia.

Tapi faktanya, buah nanas justru merupakan sumber serat dan vitamin C. Fungsinya, untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus membantu untuk memperlancar sistem pencernaan. Tapi ingat ya Milk Lovers, pastikan Milk Lovers mengonsumsi nanas matang, bukan yang mentah.

Selain itu, masih banyak mitos populer lainnya mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. So, daripada terjebak dalam mitos yang nggak bener, mendingan kita cek dulu ya kebenarannya!