Mungkin Milk Lovers sering mendengar mitos bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi buah durian dengan berbagai bahaya yang menyertainya. Mitos mengenai makanan yang dilarang untuk ibu hamil memang cukup banyak berkembang di masyarakat. Maka Milk Lovers juga harus lebih bijak dan menyikapinya dan mengetahui bagaimana membedakan antara informasi yang memang benar adanya bisa dibuktikan secara medis dan hanya sekedar mitos.

Fakta Ibu Hamil dan Konsumsi Durian

Memang buah durian ini memiliki aroma yang kuat namun rasanya sangat nikmat bagi para pencintanya. Begitu juga untuk ibu hamil yang terkadang ingin mengonsumsi buah berduri ini. Tentunya hal tersebut juga perlu dipertimbangkan dengan baik dari segi kesehatan agar tidak sampai membahayakan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungannya. Menurut dokter spesialis kandungan, sebenarnya konsumsi buah durian bagi ibu hamil boleh saja karena buah ini juga memiliki banyak kandungan vitamin C dan kalsium yang baik untuk kesehatan ibu serta janinnya.

Namun memang dokter tersebut memberikan catatan bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi durian jangan berlebihan. Dikarenakan pergerakan usus ibu hamil yang lebih lambat membuat mudah merasakan mual dan muntah apalagi dengan stimulan bau durian yang khas dan tajam. Jika mual dan muntah berlebihan maka dikhawatirkan ibu hamil  bisa terserang dehidrasi yang akhirnya membahayakan janin dan ibunya juga.

Kekhawatiran berikutnya adalah untuk kadar glukosa darah ibu yang dikhawatirkan akan meningkat setelah mengonsumsi durian. Tentunya hal tersebut perlu menjadi bahan pertimbangan tambahan Milk Lovers jika ingin mengonsumsi durian selama masa kehamilan. Memang tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa ada pengaruh membahayakan dari konsumsi durian terhadap kesehatan ibu dan janin saat masa kehamilan. Namun Milk Lovers tetap harus memperhatikan porsi konsumsi seperlunya untuk memuaskan rasa ingin saja.

Bahkan tidak ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara konsumsi durian dengan kontraksi pada ibu hamil. Selain itu, Milk Lovers juga perlu memperhatikan bahwa konsumsi durian juga harus diimbangi dengan nutrisi lainnya seperti daging, sayur, ikan dan buah lainnya. Hal tersebut bisa mengimbangi adanya risiko yang ditimbulkan dari konsumsi durian tersebut. Sekarang Milk Lovers tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsi durian saat sedang dalam kondisi hamil, namun memang harus menyesuaikan dengan kondisi kehamilannya masing-masing. Jika Milk Lovers sudah ada riwayat glukosa darah yang tinggi sejak awal kehamilan maka akan lebih baik jika konsumsi buah durian dihindari.