Milk Lovers, apakah anda pernah merasakan perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Misalnya, dari yang tadinya bahagia, secara tiba-tiba merasa sangat sedih, tanpa penyebab yang jela? Kondisi inilah yang lebih kita kenal dengan istilah mood swing.

Mood swing umumnya terjadi kepada wanita yang sedang atau menjelang menstruasi dan sedang hamil. Perubahan suasana hati ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi begitu cepat, hingga akhirnya mempengaruhi kondisi psikologi seseorang.

Selain itu, masih banyak fakta menarik lainnya mengenai mood swing, seperti yang dilansir dalam situs Prevention.

Sering Terjadi Pada Wanita

Walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi kepada pria, mood swing justru lebih banyak menimpa kepada wanita, terutama kerap wanita yang sedang dalam masa Premenstrual Syndrome atau PMS, dan sedang dalam masa awal kehamilan.

Kafein yang Berlebihan

Percaya atau tidak, mood swing sangat dipengaruhi oleh tingkat konsumsi kafein. Selama ini, zat yang dikenal berada dalam kopi dan cokelat ini dikenal sebagai penenang pikiran dan stimulan, akan tetapi kalau kadarnya melebihi ambang batas, justru kafein bisa menyebabkan perubahan suasana hati secara tiba-tiba.

Atasi Dengan Olahraga

Bukan obat penenang atau obat lainnya yang bisa mengatasi mood swing, justru obat yang paling ampuh adalah dengan berolahraga. Dengan olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, sekaligus membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga suasana hati pun akan lebih terjaga.

Jalan-Jalan

Cobalah untuk membiasakan diri membuka hari dengan berjalan kaki di pagi hari, minimalnya selama 30 menit. Dengan kegiatan sederhana ini, tubuh akan terasa lebih ringan dan segar, sehingga suasana hati pun akan semakin meningkat. Selain itu, jalan di pagi hari dipercaya ampuh untuk meningkatkan produktivitas.

Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Mood swing bisa terjadi kepada siapa saja, dan kapan saja. Mood swing tidak mengenal batasan usia. Bahkan si kecil yang notabene masih belum mengerti apa-apa, bisa saja mengalami hal ini. Kalau kondisi ini menimpa anak atau kerabat anda, solusinya adalah bersabar dengan segala perubahan suasana hatinya.

Milk Lovers, mood swing bisa datang secara tiba-tiba, tanpa bisa diprediksi. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah, dengan menerapkan pola hidup sehat, dan belajar untuk selalu berpikir positif. Dengan begitu, pikiran akan jauh lebih tenang, dan mood swing kini bukan ancaman lagi. Selamat mencoba!