Banyak perubahan yang mungkin akan Anda rasakan selama masa kehamilan. Perubahan yang paling sederhana adalah perubahan fisik yang cuup signifikan, mulai dari tubuh yang lebih berisi  dan beberapa wanita mungkin akan mendapatkan pregnancy lips.

 Apa Itu Pregnancy Lips?

Sesuai dengan namanya, pregnancy lips merupakan perubahan yang terjadi pada bibir yang jadi lebih tebal dan berisi. Memang tidak banyak wanita yang mengalami fenomena ini, salah satu diantara mereka adalah artis Khloe Kardashian.

Saat hamil putri pertamanya, True Thompson, Khloe mengaku sempat bingung dengan bibirnya yang menebal. Dia pun menampik tudingan bibir tebalnya karena suntik filler. Menurutnya, ini terjadi begitu saja, dan tidak dia prediksi sebelumnya.

Apa Sih Penyebab Fenomena Pregnancy Lips Ini?

Menurut pakar kesehatan wanita, dr Sherry A Ross, dalam bukunya yang berjudul The Definitive Guide to Women's Intimate Health Period, fenomena pregnancy lips alias bibir yang tiba-tiba jadi terasa lebih tebal termasuk jarang terjadi.

Meskipun begitu, dr Sherry menjelaskan jika kondisi ini normal, dan tidak perlu disikapi dengan berlebih. Fenomena menebalnya bibir sama seperti fenomena lainnya, seperti kaki yang terlihat bengkak, payudara yang tiba-tiba membesar dan tubuh yang terlihat lebih berisi.

Umumnya, fenomena perubahan bentuk tubuh ini disebabkan karena peningkatan aliran darah dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, akan membuat beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan.

Selain itu, faktor hormonal pun berperan penting dalam memunculkan fenomena pregnancy lips. Jangan khawatir, efeknya tidak permanen kok! Biasanya, bentuk tubuh akan berangsur pulih dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Senada dengan itu, dr Mary Jane Minkin, profesor kebidanan di Yale, berpendapat jika fenomena pregnancy lips termasuk yang sangat jarang terjadi. Dia bahkan mengaku tidak pernah (secara langsung) menemukan pasien dengan kasus seperti ini.

Tapi meskipun begitu, dia menduga jika fenomena ini merupakan hal yang normal, meskipun penyebab pasti dan kemungkinan bisa Anda dapatkan, harus diuji lewat penelitian ilmiah. Nah kalau Milk Lovers bagaimana. Pernah mengalami fenomena bibir menebal saat hamil seperti Khloe Kardashian?