Saat anak Milk Lovers melakukan kesalahan atau berlaku nakal, apa yang biasanya Milk Lovers lakukan? Apakah memarahinya? Hal ini mungkin sudah umum dilakukan. Namun, banyak juga orang tua yang melakukan proses pendisiplinan terhadap anak lebih dari sekedar memarahi sang anak. Mereka melakukan hukuman fisik. Salah satu alasan para orang tua yang melakukan hukuman fisik ini adalah agar anak mereka jera atau ingat terhadap kesalahan yang mereka lakukan dan tidak melakukan lagi. Ada banyak jenis hukuman fisik yang diberikan. Namun, pada umumnya, orang tua dalam kelompok ini memukul si anak.

Bila Milk Lovers juga melakukan hal yang sama, yaitu memukul anak Milk Lovers untuk mendisiplinkannya, maka sebaiknya dihentikan mulai sekarang. Karena, ternyata memukul anak hanya akan memberikan efek buruk pada anak. Hal ini disadari banyak negara di Eropa. Mereka bahkan sudah memberlakukan hukum yang melarang orang tua untuk memberikan hukuman berupa pukulan di bagian bokong anak. Yang terbaru adalah Perancis yang memberlakukan aturan atau larangan untuk memukul bokong anak ini sejak akhir Desember 2016. Perancis bergabung dalam 52 negara di Eropa yang sebelumnya telah memberlakukan larangan yang sama.

Berdasarkan hukum yang juga disebut dengan “Undang-Undang Kesetaraan dan Kependudukan” ini, orang tua dilarang untuk melakukan kekerasan pada anak. Lebih detailnya, kekerasan yang dimaksud disini adalah “perlakukan kejam, merendahkan, mempermalukan anak, yang juga termasuk hukuman fisik.” Namun, hukum ini termasuk dalam Civil Law. Artinya, pelanggarnya tidak akan dikenai tuntutan pidana. Lalu mengapa, negara-negara di Eropa memberlakukan hukuman ini?

Berdasarkan hasil dari banyak penelitian yang sudah dilakukan selama 50 tahun terakhir, hukuman fisik hanya akan memberikan dampak negatif. Hukuman fisik hanya akan membentuk mental pembangkang pada anak. Mereka akan suka menentang orang tua mereka saat besar nanti. Dan, tidak hanya menentang saja. Bahkan, sikap antisosial juga akan berkembang pada diri anak. Yang lebih parah lagi, anak akan lebih agresif dan mudah menyerang orang tua maupun orang lain yang bermasalah dengannya. Dapat dikatakan, hukuman fisik yang banyak orang tua, dan mungkin Milk Lovers juga, pikir bisa memberikan efek jera, hanya akan seperti bumerang. Anak akan menjadi lebih nakal dan menentang orang tua. Jadi, mulai sekarang, Milk Lovers jangan lagi menggunakan hukuman ini. Gunakan rasa cinta dan sayang untuk berhubungan dengan anak. Cara ini adalah cara yang lebih baik dalam mendisiplinkan anak.