Selama berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun. Tidak hanya menyebabkan tubuh lemas dan mudah mengantuk, terputusnya asupan nutrisi pada tubuh selama berpuasa akan membuat kamu kehilangan fokus selama berkendara.

Waduh, bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir Milk Lovers, berikut merupakan trik aman berkendara selama berpuasa agar tidak lengah.

Jaga Jarak dan Kecepatan

Seperti disebutkan diatas, selama berpuasa Milk Lovers mungkin akan kurang waspada dengan kondisi sekitar. Hal ini wajar mengingat asupan nutrisi yang dibutuhkan otak tidak terpenuhi dengan maksimal, sehingga kinerja otak pun sedikit menurun.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pastikan jaga kecepatan dalam batas aman. Untuk jalanan padat, kecepatan idealnya 30Kpj. Sedangkan untuk jalanan lenglang, kecepatan idealnya 60-70 kpj.

Cukupi Kebutuhan Tidur

Selama menjalankan ibadah puasa, Milk Lovers harus bangun dini hari untuk melaksanakan makan sahur. Sebenarnya nggak terlalu malam sih, idealnya makan sahur dilakukan sejak jam 3-4 pagi.

Nah untuk memenuhi kebutuhan tidur, Milk Lovers bisa memajukkan waktu tidur, yang awalnya sekitar jam 10 malam, kini cobalah untuk langsung tidur sepulang sholat Tarawih. Idealnya, jam 8-9 malam merupakan waktu terbaik untuk tidur di bulan Ramadhan.

Kontrol Emosi Dengan Baik

Perut yang lapar tidak hanya menyebabkan fokus berkurang, tapi juga bisa bikin Milk Lovers jadi mudah tersulut emosi. Mendengar klakson panjang dari pengendara lain saja bisa emosi, apalagi sampai ditegur langsung, bisa-bisa malah terjadi balap jalanan.

Demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara, sebisa mungkin kendalikan emosi. Saat melihat hal-hal yang bikin marah, tarik nafas dalam-dalam dan ingat ini ujian puasa.

Menepi Jika Sudah Mengantuk

Meskipun sudah tidur cukup, faktanya penyakit ngantuk di siang hari akan terus menyerang orang yang berpuasa. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi, membuat gula darah menjadi drop, dan rasa kantuk pun akan datang.

Jika di perjalanan Milk Lovers diserang kantuk, jangan memaksakan diri. Sebaiknya segera menepi dan istirahatlah sebentar. Cukup 15-30 menit untuk beristirahat agar tubuh kembali segar.