Untuk Milk Lovers yang sudah bekerja, tentu Milk Lovers paham kalau tidak selamanya Milk Lovers bisa pulang dari kantor tepat waktu. Bahkan, setelah sampai di rumah, Milk Lovers juga barangkali belum bisa langsung beristiahat. Sebab, adanya tumpukan pekerjaan atau deadline yang semakin mendekat sering kali memaksa para karyawan seperti Milk Lovers untuk lembur.

Kalau lemburnya jarang-jarang, hal ini masih bisa dimaklumi karena efeknya sering kali tidak terlalu terasa. Akan tetapi, kalau Milk Lovers sering lembur, hal ini patut diwaspadai, lho! Apalagi, banyak ahli kesehatan yang memang sudah merekomendasikan masyarakat untuk tidak sering lembut karena dampaknya pada kondisi tubuh, bahkan sampai mentalnya.

Wah, memangnya apa saja ya dampak buruk dari lembur yang terlalu sering dilakukan?

Kurang Istirahat

Efek yang satu ini pasti sudah bisa ditebak, kan? Akan tetapi, jangan sampai Milk Lovers meremehkan dampak panjang dari tubuh yang kurang beristirahat, ya! Soalnya, ada banyak masalah kesehatan yang bisa dipicu oleh kurang tidur maupun kurang istirahat, seperti konsentrasi yang menurun, berat badan yang bertambah, mudah marah, dan risiko lebih besar terserang penyakit kardiovaskular. Apalagi, banyak lembur juga berarti Milk Lovers akan dipaksa duduk lebih lama, yang menjadi salah satu penyebab utama masalah kesehatan serius lainnya seperti obesitas, diabetes, kanker, bahkan sampai serangan jantung.

Menyebabkan Depresi

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa mereka yang sering kerja lembur ternyata berisiko lebih besar terserang depresi. Alasannya karena jam kerja yang panjang, waktu untuk beristirahat pun jadi sangat singkat, termasuk waktu yang bisa digunakan untuk dihabiskan bersama keluarga. Nah, ternyata hal ini bisa memicu depresi lho Milk Lovers!

Mata Terasa Tegang

Karena Milk Lovers akan dipaksa untuk menatap layar komputer dalam waktu yang lebih panjang gara-gara lembur, hal ini juga memberikan efek buruk pada mata, lho! Soalnya, saat Milk Lovers beristirahat, semua bagian tubuh akan kembali rileks, termasuk mata. Jika Milk Lovers tidak beristirahat, mata pun akan jadi tegang, yang mengakibatkan kondisinya jadi mengering, munculnya rasa sakit di kepala, serta pandangan yang jadi makin kabur. Tanda-tanda ini mirip seperti jika Milk Lovers mengemudi dalam waktu yang terlalu panjang di tengah perjalanan jarak jauh.

Demensia

Tahukah Milk Lovers bahwa kebiasaan sering lembur ternyata bisa memengaruhi kinerja otak, terutama yang berkaitan dengan fungsi daya ingat, daya nalar, dan kosa kata? Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal The American Journal of Epidemiology tahun 2009, ditemukan bahwa para karyawan kantor yang bekerja lebih dari 55 jam dalam seminggu akan lebih berisiko mengalami masalah pada fungsi daya ingat, kosa kata, dan daya nalar. Apabila hal ini dilanjutkan, risiko jangka panjangnya termasuk demensia, lho!