Memasuki bulan Ramadhan, acara buka puasa bersama semakin ramai dilakukan. Dari teman SD, SMP, hingga teman sepermainan, semuanya saling berkomunikasi dan meminta untuk meluangkan waktu demi mengikuti acara buka puasa bersama.

Sebenarnya aktivitas ini sah-sah saja dilakukan, tapi yang harus jadi perhatian, apa menu makanan yang akan dikonsumsi dalam acara buka puasa bersama tersebut. Pasalnya, masih banyak anak muda yang menggelar acara buka puasa bersama dengan menu utama junk food (makanan siap saji).

Kenapa Junk Food Tidak Cocok Jadi Menu Buka Puasa?

Sejumlah penelitian telah membuktikan jika junk food bukanlah makanan terbaik untuk tubuh, apalagi jika disantap dalam kondisi perut kosong. Alih-alih memberikan dampak baik, konsumsi junk food justru bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Dr. Ir. Diah M. Utari, M.Kes, Ahli Gizi dari Universitas Indonesia (UI), saat berbuka puasa, tubuh membutuhkan makanan dan minuman yang bisa memulihkan energi dengan cepat. Pilihan makanan tersebut jatuh pada air putih, minuman manis dan buah-buahan.

Mengonsumsi junk food hanya akan membuat tubuh menderita. Hal ini disebabkan karena junk food umumnya tinggi garam, yang bersifat mengikat cairan tubuh. Tentu saja ini berbahaya karena bisa membuat tubuh semakin kering, dan meningkatkan resiko dehidrasi.

Sementara itu, Dr. Steven Witherly, PhD., pakar nutrisi sekaligus penulis buku Why Humans Like Junk Food, menjelaskan ketika Milk Lovers mengonsumsi junk food, tubuh akan salah mengira dan menganggap belum ada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Alhasil, sinyal kenyang yang sempat dikirimkan akan hilang dengan segera, dan keinginan menyantap junk food pun kembali tinggi. Bahkan dalam beberapa kasus, banyak orang yang merasa susah kenyang saat mengonsumsi makanan ini.

Alasannya, hal ini disebabkan karena junk food tidak mengandung nutrisi, tapi tinggi kalori. Selain berisiko menyebabkan Milk Lovers kekurangan nutrisi, kebanyakan konsumsi junk food pun bisa meningkatkan risiko obesitas dan masalah kolesterol pada tubuh.

Maka dari itu, berbuka puasa dengan junk food jelas bukan ide yang baik. Konsumsilah makanan yang padat nutrisi agar tubuh kembali segar dan bugar.