Saat berburu spot camping, kebanyakan orang akan pergi ke Rinjani, Semeru atau gunung lainnya yang memang sudah lebih dulu dikenal karena keindahannya. Padahal, Bogor pun punya spot camping yang nggak kalah menarik. Dia adalah bukit Alesano.

Berbeda dengan spot camping lainnya yang selalu berada di dataran tinggi, spot camping di sini terdapat di atas bukit. Lokasinya yang mudah dijangkau, dan ketinggiannya yang lebih bersahabat, membuat tempat ini lebih cocok disebut sebagai spot glamping.

Bukit Alesano sendiri berada di Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Seperti dijelaskan di atas, untuk menuju lokasi ini sangat mudah. Jalannya sudah diaspal, dan berbagai rambu petunjuk jalan siap memandu kamu sepanjang perjalanan.

Sebelum ramai dijadikan sebagai lokasi glamping, bukit Alesano merupakan lokasi perkebunan dan peternakan warga sekitar. Tapi karena pemandangannya yang istimewa (terutama suasana malamnya yang syahdu), tempat ini pun kemudian dijadikan sebagai lokasi glamping.

Untuk memaksimalkan pengalaman glamping Anda, di sini pun sudah disediakan berbagai spot foto dan lokasi nongkrong, termasuk lokasi khusus untuk menikmati pemandangan matahari terbit dengan panorama Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango yang menenangkan.

Sayang, pengelolaan bukit Alesano sebagai destinasi wisata camping kekinian masih belum terlihat serius. Belum ada fasilitas penunjang yang memadai, seperti warung ataupun toilet umum, jadi mau tidak mau kamu harus menyediakannya sendiri.

Untuk biaya masuk sendiri pengurus setempat mematok harga sebesar Rp 10.000 rupiah. Cukup murah memang, harga tersebut termasuk lahan sewa parkir yang masih dibilang alakadarnya. Tapi ingat, ini merupakan lahan warga. Jadi pastikan kamu untuk bersikap sopan dan jangan membuat sampah sembarangan!

Terlepas dari semua itu, harus diakui jika bukit Alesano merupakan salah satu tempat terbaik di Bogor dengan pemandangan yang menakjubkan. Bagaimana Milk Lovers, minat mencoba camping di sini?