Softlens tidak hanya digunakan untuk memaksimalkan penampilan, tapi bisa juga digunakan sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata. Tapi hati-hati, jangan sampai ceroboh. berikut merupakan 7 kesalahan yang harus dihindari saat memakai softlens. peoplesmile

    1. Tidak Mencuci Tangan

Tahu dong kalau tangan merupakan sarang kuman? Tidak mencuci tangan saat akan mengenakan dan melepaskan softlens bisa membuat softlens terpapar kuman dan bakteri dari tangan. Tentu saja berbahaya, kebiasaan ini berisiko membuat mata iritasi, dan mengalami masalah lainnya.

    2. Mendahulukan Memakai Make Up

Saat menggunakan softlens, sangat mungkin terjadi gesekan antara tangan dan bagian wajah lainnya. Di sinilah letak bahayanya, kontak antara tangan dan wajah yang sudah memakai make up beresiko merusak riasan. Makanya, cara paling ideal adalah gunakan dulu softlens, baru make up.

    3. Memakai Cairan Pembersih Lama

Cairan pembersih softlens punya masa kadaluarsa yang harus diperhatikan. Jika sudah terlalu lama, sebaiknya jangan digunakan lagi. Segera ganti dengan cairan yang baru. Sebagai pengingat, cairan softlens harus diganti setiap hari, meskipun softlens tersebut tidak digunakan.

    4. Memakai Softlens Setiap Hari

Cara pemasangan softlens yang langsung kontak dengan area vital mata membuat softlens sangat berbahaya jika digunakan setiap hari. Untuk penggunaan harian, kacamata jauh lebih disarankan. Softlens bisa digunakan untuk momen-momen tertentu saja.

    5. Tidur Menggunakan Softlens

Jangan pernah lupa untuk membuka dan menyimpan softlens sebelum tidur. Tidur sambil mengenakan softlens bisa merusak softlens, menyebabkan mata terluka, dan iritasi. Dalam kondisi yang lebih parah, tidur sambil mengenakan softlens bisa menyebabkan kerusakan mata, hingga buta permanen.

    6. Menggunakan Softlens Saat Mata Iritasi

Saat mengalami iritasi, mata akan jauh lebih sensitif dari biasanya. Sekecil apapun benda yang masuk ke area mata, beresiko menyebabkan iritasi semakin parah. Hal inilah yang membuat penggunaan softlens saat mata iritasi sangat tidak disarankan.

    7. Mengucek Mata Saat Mengenakan Softlens

Mengucek mata (baik sengaja atau tidak), tidak hanya menyebabkan softlens terlepas dan mengalami kerusakan, tapi juga beresiko melukai mata dan menyebabkan iritasi. Dalam kondisi yang lebih parah, mengucek mata bisa menyebabkan kebutaan lho!