Wushu merupakan jenis olahraga beladiri yang berasal dari Tiongkok. Olahraga ini menggabungkan antara kelenturan tubuh, dengan kekuatan dalam balutan gerakan yang sangat indah. Olahraga ini pun sangat menekankan pada pengendalian napas dan meditasi, sehingga baik untuk mengatasi stres.

Tapi Benarkah Wushu Bisa Mencegah Otak Mengalami Penuaan?

Penelitian yang dilakukan terhadap 330 orang dengan rata-rata usia 73 tahun, menyebut jika olahraga yang merupakan bagian dari kungfu ini memang cukup ampuh mencegah penuaan otak. Hal ini disebabkan karena wushu memiliki gerakan mengalir dan lembut dengan mengedepankan teknik meditasi dan olah pernafasan.

Pemindaian dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging), menunjukkan jika kelompok yang melakukan wushu atau olahraga lainnya yang berhubungan dengan meditasi dan olah pernafasan, mengalami peningkatan aliran darah di otak.

Kondisi ini sangat penting, mengingat aliran darah yang lancar sangat penting untuk memastikan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan otak terpenuhi, sehingga efeknya akan membuat fungsi ingatan dan proses berpikir terjaga dengan maksimal.

Menurut Laura Baker, pakar neuroscience kognitif dari Wake Forest School of Medicine di North Carolina, Amerika, menjelaskan jika olahraga wushu dikenal mampu meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, koordinasi, refleks dan kesadaran tubuh sendiri.

Hal-hal inilah yang secara langsung berkaitan erat dengan aktivitas pemeliharaan otak, sehingga masalah penuaan otak, seperti alzheimer, demensia, dan lainnya, bisa dicegah sejak dini.

Senada dengan itu, Dr. Laurie Ryan, peneliti dari National Institute on Aging, menjelaskan jika mengubah pola hidup dengan menjalankan program gaya hidup sehat merupakan cara terbaik yang bisa ditempuh untuk merawat dan mencegah kerusakan fungsi otak.

Beberapa olaharaga, seperti wushu, tai chi, yoga, dan sejenisnya, terbukti cukup ampuh untuk merawat mencegah kerusakan otak. Tapi ingat, olahraga saja tidak cukup. Anda harus menyeimbangkannya dengan pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat.

Jangan lupa, istirahat yang cukup, dan lakukan banyak aktivitas yang menyenangkan untuk mencegah stres, yang berdampak buruk bagi kesehatan otak. Selamat mencoba!