Pikun merupakan salah satu masalah kesehatan yang khas dialami orang lanjut usia. Penurunan daya ingat ini memang hal yang wajar, mengingat menjelang usia senja seluruh fungsi tubuh akan mengalami penurunan, termasuk bagian otak.

Tapi bukan berarti masalah ini tidak bisa dicegah Milk Lovers. Agar terhindar dari kepikunan di usia tua, yuk jaga daya ingat dengan cara berikut ini.

Mandi Sauna

Tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, menjaga mood, meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan jantung, menurut penelitian dari University of Eastern Finland, menyebut jika mandi sauna efektif untuk mengurangi risiko demensia (suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran).

Dalam penelitian ini, tim peneliti menyebut jika mandi sauna sebanyak 4-7 kali dalam seminggu, efektif untuk mengurangi risiko demensia hingga 66%, dan penyakit alzheimer hingga 65%.

Minum Kopi

Untuk yang satu ini, penggemar kopi bisa sedikit berbahagia. Pasalnya, penelitian dari University of Coimbra, Portugal, menyebut jika mengonsumsi kopi dalam porsi sedang, efektif melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif dan penuaan.

Untuk menjaga kesehatan otak, tim peneliti menyarankan agar Anda mengonsumsi kopi sebanyak 3-5 cangkir kopi per hari, tanpa tambahan gula.

Menari

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine tahun 2003, menyebut jika orang dewasa yang sering menari bersama teman-temannya, memiliki risiko 75% lebih rendah terkena demensia ketimbang mereka yang tidak pernah menari.

Dalam penelitian lainnya, disebutkan jika gerakan dalam tari ampuh menjaga fungsi tulang dan persendian tetap baik hingga usia tua.

Olahraga di Ruang Hijau

Ruang hijau memberi pengaruh terhadap mood seseorang. Hal ini terbukti melalui studi yang dilakukan di Inggris, yang menyebut jika rutin berolahraga di ruang hijau, seperti taman, lapangan bola, padang golf dan lainnya, bisa meningkatkan mood dan menjaga fungsi otak tetap maksimal.

Tidak perlu lama-lama Milk Lovers, dalam penelitian ini disebutkan jika olahraga di ruang hijau cukup dilakukan selama 5 menit saja. Tentu saja lebih lama lebih baik!