Lemburan pekerjaan kantor tak jarang jadi alasan mengapa Milk Lovers harus tidur lebih malam, atau bahkan sampai begadang. Walaupun tahu kalau begadang tidak baik untuk tubuh, begadang sering kali tak bisa dihindari, atau malah jadi kebiasaan banyak orang.

Milk Lovers harus tahu terlebih dahulu ya, bahwa begadang bisa memengaruhi fungsi otak, lho. Contohnya seberapa cepat Milk Lovers bisa memberikan reaksi atau kemampuan berkonsentrasi, terutama saat beraktivitas di pagi hari. Kemudian, kemampuan mengurutkan dan mengingat informasi juga bisa menurun karena kebiasaan begadang.

Kalau begitu, apa yang harus Milk Lovers lakukan kalau harus terpaksa begadang, padahal harus kembali bangun pagi untuk beraktivitas seperti biasanya? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

1. Tidur Sebentar

Kalau waktu masih cukup, Milk Lovers tetap lanjutkan tidur malam saja, walaupun hanya sebentar. Sebab, tidur hanya sebentar saja sudah memberikan manfaat, bahkan walaupun hanya selama 10 menit. Menurut David Hinges, Ph.D. dari University of Pennsylvania, hal ini akan mengalihkan otak menuju gelombang tidur yang lambat dengan cepat. Kalau Milk Lovers paksakan tidur lebih lama, bisa jadi Milk Lovers justru akan merasa pusing waktu terbangun, yang biasa disebut dengan istilah inersia tidur.

2. Jaga Cairan Tubuh

Kalau Milk Lovers sudah terbangun dari tidur sejenak, hilangkan kantuk dengan cara menghidrasi tubuh sejak bangun tidur dan selama beraktivitas. Jadi, pastikan jumlah konsumsi air putih terjaga, minimal delapan gelas sepanjang hari, ya! Sebab, gejala dehidrasi justru akan memperparah rasa kantuk dan rasa lelah yang disebabkan begadang.

Akan tetapi, hindari konsumsi minuman berenergi. Walaupun jenis minuman seperti ini bisa membantu Milk Lovers merasa segar dengan segera, efeknya hanya akan berlangsung sebentar saja, lho. Setelah efek tersebut hilang, Milk Lovers malah akan merasa tubuhnya lebih lelah.

3. Minum Kopi

Sempatkan untuk minum secangkir kopi sebelum Milk Lovers mulai beraktivitas. Kandungan kafein di dalam kopi bisa menambah energi tubuh, serta bantu meningkatkan daya ingat, lho. Akan tetapi, Milk Lovers yang juga penggemar kopi harus hati-hati agar tidak mengonsumsi terlalu banyak. Soalnya, hal ini malah bisa membuat Milk Lovers sakit kepala.

Kalau malamnya Milk Lovers sudah berencana tidur lebih awal atau tepat waktu, hindari minum kopi di waktu sore, ya. Pasalnya, kafein umumnya akan tinggal di dalam tubuh dalam durasi 5 jam setelah dikonsumsi.

4. Dapatkan Sinar Matahari

Setelah bangun tidur atau di sela-sela aktivitas waktu pagi, sempatkan untuk keluar dari ruangan agar Milk Lovers terpapar sinar matahari, ya! Misalnya selama beberapa menit sebelum akan berangkat ke kantor atau kuliah. Sinar matahari pagi akan bantu sirkulasi darah menjadi lebih baik dan membuat tubuh merasa lebih berenergi. Selain itu, rasa kantuk pun akan jauh berkurang, atau bahkan lenyap seketika.

5. Tubuh Bergerak Aktif

Sambil berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa saat, Milk Lovers juga bisa sekalian melakukan olahraga ringan, lho. Contohnya berjalan kaki atau stretching alias peregangan. Sebab, aktivitas fisik yang ringan sekalipun juga bisa bantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh serta meningkatkan fungsi otak. Dengan begitu, Milk Lovers akan merasa lebih segar dan rasa kantuk pun jadi semakin berkurang.

6. Tidur Sesuai Jadwal

Setelah begadang malam sebelumnya, segera kembalikan pola tidur Milk Lovers sama seperti biasanya. Milk Lovers juga bisa pilih tidur lebih awal untuk mengganti waktu tidur yang hilang karena harus begadang sebelumnya. Untuk merangsang rasa kantuk dan rileks pada tubuh, Milk Lovers bisa mandi air hangat satu jam sebelum waktu tidur yang sudah ditetapkan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Milk Lovers lakukan untuk mengatasi rasa kantuk dan lelah karena harus begadang. Ingat, jangan jadikan begadang sebagai kebiasaan, terutama kalau Milk Lovers harus selalu bangun pagi setiap hari untuk sekolah, kuliah, atau kerja, ya! Dengan begitu, bukan hanya kondisi fisik yang selalu terjaga, tapi juga kinerja otak Milk Lovers pun akan selalu prima.