Stretch mark merupakan garis-garis dan indentasi yang timbul di permukaan kulit, dan biasanya muncul karena perubahan berat badan yang terlalu cepat, atau karena perubahan bentuk tubuh yang terjadi selama masa kehamilan.

Selain sangat mengganggu penampilan, stretch mark dianggap menakutkan karena cukup sulit dihilangkan. Maka dari itu, cara terbaik menghadapi stretch mark adalah, dengan mencegahnya. Berikut merupakan beberapa trik yang bisa Milk Lovers lakukan.

Gunakan Lotion Anti Stretch Mark

Belakangan ini ada cukup banyak brand kecantikan yang mulai meluncurkan produk lotion anti stretch mark. Manfaat produk tersebut untuk mencegah timbulnya stretch mark. Cara penggunaannya, cukup oleskan lotion seperti biasa, terutama di area kulit yang rawan stretch mark.

Selain dengan lotion anti stretch mark, Milk Lovers bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, atau minyak kelapa untuk mencegah stretch mark menyerang.

Minum Air yang Cukup

Kebutuhan cairan ibu hamil sedikit lebih banyak. Jika dalam kondisi normal butuh sekitar 8 gelas per hari, maka ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air putih hingga 10-12 gelas per hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi, dan memaksimalkan seluruh fungsi tubuh.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan pun efektif untuk menjaga elastisitas kulit, yang pada gilirannya sangat efektif untuk mencegah munculnya stretch mark.

Konsumsi Vitamin E

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, vitamin E pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Agar hasilnya lebih maksimal, konsumsi vitamin E yang berasal dari sumber-sumber alami, seperti kacang-kacangan, keju, susu kedelai dan lainnya.

Selain dari sumber alami, vitamin E bisa didapat dari suplemen kesehatan. Untuk yang satu ini, pastikan sudah sesuai dengan rekomendasi dokter.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya mampu menjaga elastisitas kulit, menghaluskan, dan mencegah timbulnya stretch mark. Jenis olahraga yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari yoga, jalan santai, senam kehamilan dan lainnya.

Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan olahraga selama 20-30 menit per hari. Untuk jenis olahraga dengan intensitas tinggi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukannya.