Selama menjalani program kehamilan, susu merupakan salah satu minuman yang wajib dikonsumsi. Biasanya dokter akan menyarankan agar Milk Lovers mengonsumsi susu saat 3-4 bulan sebelum konsepsi, untuk memastikan kondisi tubuh siap melayani proses tumbuh kembang janin.

Kenapa Susu Sangat Penting Selama Program Kehamilan?

Menurut United States Department of Agriculture, Milk Lovers disarankan untuk mengonsumsi 2-3 gelas susu per hari. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan nanti, terutama memenuhi kebutuhan kalsium selama proses kehamilan.

Selain itu, susu pun merupakan sumber zinc, yang sangat penting untuk pematangan folikel ovum (sel telur), membantu perjalanan ovum ke rahim, dan mengatur hormon agar kehamilan segera terjadi,

Susu pun mengandung asam folat yang berfungsi untuk mencegah kecacatan pada janin, mengandung kalsium dan zat besi yang efektif mencegah terjadinya keguguran di awal konsepsi, dan mengandung vitamin D untuk membantu mempersiapkan organ reproduksi agar siap hamil.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, menemukan fakta jika wanita yang rutin mengonsumsi susu lebih dari 150 ml selama program kehamilan, kemudian dilanjutkan hingga masa kehamilan, cenderung memiliki anak dengan postur tubuh yang lebih tinggi.

Penelitian jangka panjang yang dilakukan terhadap 809 ibu hamil ini pun menyebut jika wanita yang rutin mengonsumsi lebih dari 150 ml susu per hari, memiliki kadar insulin yang tinggi dalam darah, dan menurunkan risiko menderita diabetes gestasional selama masa kehamilan.

Butuh Nutrisi Tambahan

Selain wajib mengonsumsi susu, Milk Lovers pun disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya, terutama makanan dengan kandungan asam omega 3, asam folat, protein, dan zinc. Kandungan nutrisi ini bisa didapat dari ikan salmon, daging unggas tanpa kulit, kacang-kacangan, dan lainnya.

Penting juga untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran, rumput laut, makanan tinggi vitamin, seperti buah-buahan segar, air putih dalam jumlah yang cukup, dan jangan lupa untuk terus aktif bergerak demi menjaga kebugaran, dan mempertahankan bobot tubuh yang ideal.

Milk Lovers diperbolehkan mengonsumsi suplemen tambahan, tapi sebelum itu pastikan sesuai dengan rekomendasi dokter. Selamat mencoba!