Milk Lovers, di musim pancaroba seperti ini, serangan flu, demam, batuk dan pilek, merupakan hal yang sulit dihindari. Walaupun terlihat sepele, masalah ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Perlu penanganan yang ekstra agar si kecil bisa segera terbebas dari penyakit yang menjengkelkan ini.

Bagi beberapa orang tua, menjaga daya tahan tubuh si kecil dengan cara memberikan multivitamin, konsumsi buah-buahan dan sayuran, merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, merupakan salah satu cara ampuh melawan kuman penyebab penyakit.

Tapi apakah perlu si kecil diberi vaksin flu?

Harus diakui, beberapa orang tua memang kerap memilih solusi instan ini. Dengan memberikan vaksinasi flu untuk si anak. Dan memang terbukti, si kecil bisa lebih kebal terhadap serangan virus flu, sehingga penyakit khas musim pancaroba ini pun bisa dihindari.

Vaksinasi flu sendiri biasanya dilakukan dengan cara menyuntikkan vaksin flu kepada si kecil untuk merangsang pembentukan antibodi dalam tubuh. Biasanya, reaksi vaksin flu ini akan mulai terlihat kira-kira dua minggu setelah dilakukan penyuntikan.

Antibodi inilah yang nantinya akan digunakan sebagai pelindung tubuh si kecil dari infeksi yang disebabkan karena serangan virus penyebab flu.

Tapi perlu di ingat, pasca penyuntikan vaksin, biasanya si kecil akan merasakan sakit di area tubuh yang suntikan, akan cenderung mengalami demam ringan dan merasa sakit kepala. Tapi jangan khawatir, ini wajar kok!

Lantas, kapan sebaiknya si kecil diberikan vaksin flu?

Vaksin flu sendiri bisa diberikan kepada si kecil yang sudah berusia diatas 6 bulan. Selain itu, sebaiknya Milk Lovers mengulang pemberian vaksin ini setiap tahun. Pasalnya, virus flu selalu berubah tiap musimnya, dan bahkan tiap tahun selalu muncul virus baru yang bisa saja akan mudah merobek pertahanan si kecil.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan asupan ASI Eksklusif, dan memberikan nutrisi tambahan, berupa MP-ASI yang terdiri dari jus buah-buahan, sayuran dan lainnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyempurnakannya dengan rutin memberi susu bagi si kecil sesuai dengan tahap perkembangan usianya.