Milk Lovers, perlu diwaspadai ya kalau penularan hepatitis juga bisa didapatkan dari keturunan loh! Penyakit ini memang disebabkan oleh virus akan tetapi ternyata penderita hepatitis juga bisa menularkan penyakit ini kepada keturunannya.

Bagaimana Bisa?

Ibu hamil yang sudah terkena hepatitis maka janin yang dikandung juga akan beresiko tertular penyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena hepatitis sendiri merupakan penyakit infeksi hati yang sangat serius dimana disebabkan oleh virus hepatitis B atau HBV. Virus ini akan menyerang sel-sel di dalam hati sehingga akan menyebabkan penurunan fungsi hati. Penularan hepatitis sendiri dapat melalui kontak darah dimana darah ibu hamil yang terinfeksi secara otomatis akan menulari janin bayi.

Lalu Bagaimana Cara Mencegahnya?

Milk Lovers tidak perlu khawatir karena ternyata masalah tersebut dapat dicegah lebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah agar penderita hepatitis yang sedang hamil tidak menulari janin yang sedang dikandungnya.

Konsultasikan pada Dokter

Jika Milk Lovers terinfeksi hepatitis dan positif mengandung maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Bicarakan kepada dokter kalau Milk Lovers sedang hamil dan memiliki penyakit hepatitis. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu maka Milk Lovers dapat melakukan antisipasi agar janin tidak tertular. Dokter juga akan membantu penderita hepatitis dalam penanganan selama masa kehamilan hingga persalinan dengan memberikan vaksin atau obat agar janin tidak terinfeksi.

Vaksin Hepatitis B

Ketika bayi penderita lahir maka biasanya akan langsung diberikan vaksin oleh dokter agar tidak tertular virus hepatitis tersebut. Biasanya vaksin tersebut baru bisa diberikan ketika sudah 12 jam dari waktu kelahiran bayi. Untuk selanjutnya, pemberian vaksin pada bayi sendiri akan dilakukan secara rutin sesuai jadwal. Sang ibu baru diperbolehkan untuk menyusui setelah bayinya mendapatkan vaksin hepatitis terlebih dahulu.

Pemberian Antibodi

Penularan hepatitis juga bisa melalui ASI saat bayi sedang disusui oleh ibunya. Oleh karena itulah bayi yang baru lahir juga harus diberikan antibodi agar ketika tidak tertular ketika sedang minum ASI dari ibunya.

Janin yang dikandung oleh ibu hamil penderita hepatitis tidak selalu akan ikut terinfeksi asalkan mendapatkan penanganan dini yang tepat dari awal kehamilan hingga kelahiran. Nah, untuk Milk Lovers yang terinfeksi, sebaiknya pikirkan dan konsultasikan dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini akan membantu Milk Lovers untuk melakukan pencegahan penularan hepatitis pada keturunan nantinya.