Harga ponsel atau smartphone saat ini sudah semakin bervariasi. Masyarakat dapat memiliki smartphone dengan mudah sesuai dengan budget yang dimiliki. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, smartphone saat ini seolah – olah telah menjadi salah satu kebutuhan hidup yang tidak dapat dipisahkan. Smartphone biasanya tidak pernah ditinggalkan saat kemanapun Milk Lovers pergi. Bahkan saat Milk Lovers mau tidur pun kadang smartphone masih tetap dalam genggaman.

Namun, apakah Milk Lovers tahu bahwa menggunakan smartphone berlama – lama akan memberikan dampak yang negatif untuk kesehatan tubuh? Berikut ini adalah beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang muncul karena terlalu banyak menggunakan ponsel.

CVS (Computer Vision Syndrome)

Berlama – lama melihat layar ponsel dapat menyebabkan penglihatan menjadi terganggu. Di dunia medis, gangguan penglihatan ini disebut dengan Computer Vision Syndrome. Sindrom tersebut ditunjukkan melalui gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut, kurangi durasi memandang layar smartphone dan jangan menggunakan smartphone di tempat yang gelap. Penggunaan smartphone di tempat gelap dapat memicu syaraf dan otot mata bekerja lebih berat. Selain itu hindari menggunakan ponsel sambil tiduran atau dalam posisi miring.

Blurry Vision atau Pandangan Kabur

Terlalu lama memandang layar smartphone akan membuat otot mata cepat tegang. Biasanya otot mata yang tegang tidak dapat fokus dengan cepat di jarak yang berbeda. Untuk mengatasinya, setelah Milk Lovers memandang layar ponsel pintar cukup lama, cobalah pejamkan mata sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah berbeda.

Sakit Kepala

Akibat otot mata yang tegang dan posisi leher yang salah karena melihat layar smartphone terlalu sering juga dapat menimbulkan sakit kepala. Tidak hanya itu saja, kemungkinan terburuknya adalah dapat menyebabkan rabun jauh. Cara meminimalisir kemungkinan buruk tersebut adalah dengan cukup istirahat, mengurangi melihat layar smartphone terlalu lama, dan usahakan agar jarak mata dengan smartphone lebih dari 20 cm.

Kelainan Postur Tubuh

Menggunakan ponsel pintar terlalu lama dengan posisi tubuh yang tidak tepat akan menyebabkan kelainan postur tubuh. Contohnya adalah menggunakan smartphone sambil duduk dengan posisi tulang belakang yang terlalu bungkuk ke depan. Biasanya penyakit degenerative ini banyak dijumpai pada usia lanjut yakni antara usia 40 sampai 50 tahun.

Gangguan Pendengaran

Smartphone selain digunakan untuk browsing, bermain game, atau media sosial juga digunakan untuk memutar musik menggunakan earphone. Mendengarkan musik melalui earphone dengan volume yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pendengaran menjadi terganggu. Biasanya mendengarkan musik dengan volume kencang dilakukan ketika mengendarai motor maupun di tempat yang ramai.