Kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh yang tidak seimbang merupakan pemicu dari berbagai penyakit, dua di antaranya adalah diabetes dan kolesterol. Milk Lovers yang terlalu sering menyantap makanan-makanan manis dan berlemak, kurang aktif bergerak, dan sering stres lebih mudah mengalami kenaikan gula darah dibandingkan yang tidak. Lantas, bagaimana caranya agar kadar glukosa dalam tubuh tetap seimbang?

Mengelola waktu dan porsi makan

Seperti yang telah disebutkan, makanan menjadi salah satu faktor penyebab naiknya gula darah. Maka, sebaiknya Milk Lovers mengatur kembali waktu dan porsi makan agar tubuh tetap sehat. Selain makan tepat waktu, pastikan Milk Lovers tidak melewatkan jam makan. Kemudian, jaga jam makan Milk Lovers sebanyak tiga kali untuk porsi besar dan santap kudapan sehat di antara jam-jam makan utama.

Menentukan jenis makanan yang sehat

Bukan hanya jam makan teratur, jenis makanan sehat juga dinilai mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Sebisa mungkin Milk Lovers hindari sumber gula tersembunyi seperti buah kaleng, biskuit, kue, minuman soda, sirup, soda, dan lain sebagainya. Perkaya menu Milk Lovers dengan sumber serat dan protein rendah lemak. Jangan lupa rutin minum air putih untuk menghindari dehidrasi

Pastikan tubuh tetap aktif bergerak

Jangan abaikan saran berolahraga secara rutin, karena latihan fisik yang tepat akan mencegah kadar gula darah naik tajam. Milk Lovers dapat mengawalinya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau joging selama 15-30 menit per hari. Latihan fisik dalam durasi singkat setiap hari dianggap lebih efektif dibandingkan latihan intens selama berjam-jam di akhir pekan.

- Mengatur porsi istirahat agar cukup

Waktu tidur yang berantakan tak hanya membuat Milk Lovers mudah mengantuk atau kelelahan, tetapi juga mengganggu kualitas kesehatan. Kurang istirahat hanya akan memudahkan pelepasan kortisol atau hormon stres yang secara tak langsung menaikkan level glukosa tubuh. Atur porsi tidur Milk Lovers selama kurang lebih 7-8 jam per hari.

Periksa kadar gula darah secara teratur

Untuk Milk Lovers yang diharuskan memakai insulin dan obat penurun gula darah, jangan lewatkan sesi pemeriksaan gula darah. Langkah ini dapat membantu Milk Lovers mengawasi dan mengendalikan level glukosa agar tidak melonjak drastis. Namun, Milk Lovers yang tidak menggunakan insulin atau obat pun sebaiknya patut memeriksakan diri sebagai bentuk antisipasi atau pencegahan.