Kehamilan merupakan masa di mana janin berkembang dan tumbuh di dalam rahim seorang ibu. Asupan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu. Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil agar keduanya sehat.

Asam Folat

Zat ini juga sering disebut dengan vitamin B9. Asam folat dibutuhkan sejak awal kehamilan karena dapat mencegah neural tube defect. Kebutuhan asam folat ibu hamil adalah 600 mg per hari. Zat ini banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau seperti sawi, bayam, asparagus, dan brokoli.

Zat Besi

Zat besi sangat bermanfaat untuk proses pembentukan hemoglobin. Hemoglobin itu sendiri berfungsi untuk mengangkut O2 dalam darah. Zat besi dibutuhkan sejak awal masa kehamilan karena sel darah merah pada awal kehamilan sudah mulai diproduksi lebih banyak untuk membawa O2 dan nutrisi ke plasenta. Wanita membutuhkan asupan zat besi 27 mg per hari. Zat besi diperoleh dari daging sapi, telur, hati sapi, bayam, tomat, asparagus, kacang kedelai, labu, kurma, markisa, dan alpukat. Zat besi dari hewan ternyata lebih mudah diserap dibandingkan zat besi dari tanaman. Selain itu Zat besi juga akan mudah diserap ketika dikonsumsi bersama vitamin C.

Kalsium

Zat ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan syaraf, otot, dan sirkulasi darah. Asupan kalsium yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah 1000 mg per hari. Kalsium dapat diperoleh dari susu, yoghurt, keju, bayam, brokoli, pisang, kedelai, dan jeruk. Ketika ibu hamil tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium, kebutuhan kalsium untuk membentuk tulang dan gigi si kecil akan diambil dari tubuh sang ibu.

Vitamin D

Selain penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, vitamin D juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja hormon insulin serta merangsang perkembangan paru – paru bayi. Sejumlah penelitian menyebutkan kekurangan vitamin D saat hamil akan meningkatkan resiko bayi alergi, berat bayi lahir rendah, dan masalah kehamilan. Ibu hamil dianjurkan mendapatkan asupan vitamin D 1000iu, Contoh makanan yang mengandung vitamin D di antaranya adalah telur, susu, keju, bayam, dan ikan. Vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari sebelum pukul 09.00 pagi.

Protein

Zat yang satu ini juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, terutama saat kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain adalah telur, ikan, daging, dan kacang – kacangan.