Selama masa kehamilan, kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat krusial yang harus benar-benar diperhatikan. Bahkan saat sakit, Ibu hamil dilarang keras asal minum obat. Lantas, bagaimana dengan operasi Lasik dan usus buntu. Apakah dilarang juga?

Mengenai hal ini, Ibu hamil sebaiknya tahu dulu aturan mainnya. Berikut merupakan penjelasan tentang operasi lasik dan usus buntu bagi ibu hamil.

Lasik

Laser-Assisted In-situ Keratomileusis atau yang dikenal dengan LASIK, merupakan sebuah tindakan pembedahan penglihatan yang dilakukan untuk memperbaiki kelaninan mata. Biasanya jalur operasi ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi masalah rabun dekat atau hyperopia, rabun jauh atau Miyopia, dan mata silinder atau astigmatism.

Mengenai boleh atau tidaknya dilakukan operasi, Dr. dr. Ali, berpendapat jika operasi LASIK masih boleh dilakukan. Hal ini karena operasi ini masih bersifat sebagai operasi lokal. Dengan kata lain, operasi ini terbilang kecil dan hanya membutuhkan obat bius di area kecil.

Mengenai risikonya, dr. Ali berpendapat janin tidak berisiko apapun dengan operasi ini. Tapi sebelum itu, biasanya dokter sudah tahu penanganan terbaik untuk kondisi seperti ini.

Usus Buntu

Usus buntu merupakan sebuah penyakit peradangan atau pembengkakan yang terjadi dibagian usus buntu atau apendiks. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The American Board of Family Medicine, kira-kira 1 dari 1500 kehamilan mengalami usus buntu.

Mengenai boleh atau tidaknya operasi, Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG (K) dari Rumah Sakit Brawijaya, berpendapat jika operasi usus buntu masih boleh dilakukan disemua usia kehamilan. Hal tersebut dilakukan karena penyakit ini sudah masuk dalam kondisi gawat darurat. Jika tidak ditangani secepatnya, usus buntu bisa menyebabkan kematian pada Ibu hamil dan janin.

Sementara menurut dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, operasi usus buntu selama kehamilan memang meningkatkan risiko keguguran dan lahir prematur. Tapi risiko ini masih bisa dikurangi dengan pemberian obat-obat hormonal.

Dengan kata lain, LASIK ataupun usus buntu, keduanya masih bisa diatasi lewat jalur operasi alias aman. Gimana Milk Lovers, sudah nggak bingung lagi kan?