Berkebun bisa menurunkan risiko kepikunan. Benarkah? Pertanyaan yang satu ini kerap ditanyakan oleh mereka yang memasuki usia dewasa. Wajar saja mengingat seiring bertambahnya usia maka risiko untuk mengalami kepikunan memang ikut bertambah besar dan membuat khawatir semua manusia. Bahkan ada istilah ‘membuat otak sibuk agar tidak pikun’ yang dikenal masyarakat saat ini.

Lalu, benarkah dengan otak sibuk akan menurunkan risiko kepikunan? Dan sibuk yang seperti apa sih yang dikatakan tepat dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya kepikunan? Coba Milk Lovers simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahu jawabannya.

Rutinitas Sehat Agar Tidak Pikun

Tidak bisa dipungkiri, saat bertambahnya usia, maka seseorang akan mengalami penurunan kognitif, terlebih untuk mereka yang tidak mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. Seorang dokter ternama dari Universitas Trisakti yang tergabung dalam Perkumpulan Asuhan Demensia Indonesia menjelaskan jika manusia perlu didukung oleh lingkungan yang positif agar bisa tetap produktif.

Dengan produktif atau menyibukkan diri, maka seseorang bisa terhindar dari kepikunan. Dengan kata lain, benar adanya jika otak sibuk maka seseorang tidak mudah pikun.

Ada beberapa rutinitas positif yang sangat tepat dilakukan guna meminimalkan risiko kepikunan, beberapa diantaranya ialah seperti berikut:

  1. Bertemu teman sebaya, hasil penelitian menunjukkan jika bersosialisasi dengan orang lain akan memberikan kesehatan terhadap otak. Otak bertanggung jawab dalam hal korteks prefrontal medal dan persimpangan temporoparietal yang duanya ialah memiliki peran penting untuk meningkatkan daya ingat manusia. Jadi, bertukar kabar dengan teman sebaya akan membantu Milk Lovers untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sekaligus menguatkan daya ingat mengenai ingatan di masa dulu.

 

  1. Belajar menggunakan ponsel, Dokter Nugroho dari Universitas Trisakti menjelaskan jika belajar menggunakan ponsel juga sangat membantu mengurangi risiko kepikunan.

 

  1. Berkebun, faktanya berkebun juga mampu menurunkan risiko terjadi kepikunan lho. Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh banyak hasil penelitian medis. Dalam sebuah Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan jika kegiatan berkebun akan membantu melindungi fungsi kognitif otak manusia, meningkatkan volume otak sekaligus menurunkan risiko terkena kepikunan mencapai 50 persen. Jadi, pastikan Milk Lovers menyibukkan diri dengan aktivitas berkebun. Selain membuat pekarangan rumah menjadi asri, Milk Lovers juga terhindari dari risiko demensia atau kepikunan.

Dengan selalu menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif dan produktif, maka Milk Lovers bisa terhindar dari risiko kepikunan dan secara otomatis akan tetap menjadi pribadi yang prima dan bugar dengan ingatan yang tajam meskipun sudah tidak mudah.