Perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan Milk Lovers dalam melakukan kegiatan, salah satunya memeriksa kondisi kesehatan. Seperti yang dikatakan banyak orang, sehat itu mahal. Jika Milk Lovers terserang penyakit kronis, biaya yang dikeluarkan untuk kembali sehat tidak sedikit, bukan? Mengetahui kondisi kesehatan juga menjadi tindakan pencegahan penyakit supaya Milk Lovers dapat tetap sehat sampai memasuki usia senja.

Milk Lovers, meski sekilas tubuh kita tidak menunjukkan gejala mencurigakan, bukan berarti tubuh dalam kondisi terbaik. Sebab, sebagian penyakit—terutama yang menyandang status sebagai silent killer—baru akan memperlihatkan tanda saat sudah berada di level kronis. Salah satu cara mengetahui keberadaan penyakit tersebut adalah dengan melakukan medical check up secara berkala.

Berikut ini ada beberapa pemeriksaan yang akan Milk Lovers lewati dalam medical check up:

  • Pemeriksaan darah untuk mengetahui kelainan atau gangguan dalam darah seperti anemia, infeksi atau kelainan pada sel darah putih, alergi, pembekuan, dan masalah lainnya;
  • Pemeriksaan panel lipit untuk mengetahui kadar kolesterol secara menyeluruh, kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserid untuk mengetahui risiko penyakit jantung;
  • Pemeriksaan urin untuk mengetahui kelainan yang terjadi dibagian ginjal dan saluran kandung kemih;
  • Pemeriksaan darah yang dilakukan untuk screening awal penanda dari berbagai jenis kanker, yakni tes terhadap tumor marker.

Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap medical check up masih kurang. Padahal, Milk Lovers, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari pemeriksaan tersebut, yaitu:

  • Mengetahui kondisi kesehatan secara lebih detail;
  • Melakukan pencegahan dini dan pengobatan terhadap kelainan maupun penyakit;
  • Menunda atau mencegah proses komplikasi dari sebuah penyakit;
  • Karena pengobatan dilakukan lebih cepat, maka biayanya pun dapat ditekan;
  • Memperpanjang usia harapan hidup atau usia produktif;
  • Menjaga dan meningkatkan kualitas hidup.

Sebelum melakukan medical check up, Milk Lovers juga wajib memperhatikan beberapa hal supaya proses pemeriksaan berjalan lancar. Antara lain memilih laboratorium atau rumah sakit yang memiliki reputasi baik dan terakreditasi dengan mengedepankan kualitas. Hasil medical check up pun bisa jadi akurat kalau Milk Lovers mengikuti setiap syarat dan ketentuan yang diajukan. Berikan informasi yang sejujur-jujurnya supaya tidak terjadi kesalahan dalam pemeriksaan nanti.

Nah, terakhir, pastikan keadaan tubuh dan pikiran Milk Lovers dalam keadaan baik, sehingga proses medical check up pun berjalan lancar dan aman.