COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja, termasuk ibu hamil. Dilansir dari laman situs tirto.id, menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), virus ini berisiko menginfeksi lansia dan orang-orang dari segala usia yang punya kondisi medis serius. CDC juga memasukkan ibu hamil dalam pemantauan karena ibu hamil mereka lebih berisiko terinfeksi virus, walaupun sampai saat ini belum ada data yang pasti. 

WHO, Organisasi Kesehatan Dunia, mengungkapkan bahwa studi saat ini sedang dilakukan untuk memahami efek infeksi COVID-19 pada ibu hamil. Sementara ini, data yang dibutuhkan untuk mengkaji hal tersebut masih terbatas sehingga belum ada bukti ibu hamil berisiko lebih tinggi terinfeksi COVID-19.

Namun, seperti dilansir dari laman situs alodokter.com,  perubahan sistem imun yang terjadi pada kehamilan memang bisa membuat ibu hamil lebih rentan terkena infeksi virus Corona dan lebih berisiko mengalami gejala penyakit yang berat dan berakibat fatal.

Tidak hanya itu, demam tinggi yang terjadi jika tubuh  terinfeksi COVID-19 pada trimester pertama kehamilan bisa meningkatkan risiko terjadinya cacat lahir pada Si Kecil.

Agar ibu hamil bisa terhindari dari infeksi virus corona, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

 

  1. Rajin mencuci tangan

Membiasakan rutin mencuci tangan menggunakan air dan sabun bisa mencegah infeksi virus Corona pada ibu hamil. Mencuci tangan dengan benar bisa membunuh virus dan kuman yang ada di tangan. 

Jangan lupa, setelah mencuci tangan, keringkan tangan memakai tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan. Kalau memang tidak ada air dan sabun, ibu hamil bisa memakai hand sanitizer, dengan kadar alkohol minimal 60% agar efektif untuk membasmi kuman di tangan.

  1. Menjaga imun tubuh

Infeksi virus Corona pada ibu hamil bisa dicegah dengan imun tubuh yang baik. Nah, supaya imun tubuh terjaga, ibu hamil disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, dan makanan tinggi protein.

Ibu hamil juga disarankan mengonsumsi suplemen atau vitamin prenatal, sesuai anjuran dokter, agar daya tahan tubuh dan kesehatan tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin dan beristirahat yang cukup.

  1. Memakai masker ketika bepergian

Ibu hamil sangat disarankan untuk memakai masker ketika bepergian ke luar rumah. Selain memakai masker, ibu hamil juga disarankan untuk menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain yang ada di sekitarnya saat bepergian keluar rumah.

 

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar ibu hamil terhindar dari infeksi virus corona. Semoga informasinya bermanfaat!