Jumlah penderita dan kasus kematian yang disebabkan leh infeksi virus Corona (COVID-19) masih saja terus meningkat. Jika diperhatikan, virus Corona lebih sering menyebabkan infeksi berat dan kematian pada mereka yang lanjut usia (lansia) dibandingkan usia dewasa atau anak-anak.

 

Kenapa Lansia Lebih Rentan terinfeksi Virus Corona?

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami beberapa penurunan yang disebabkan oleh proses penuaan, seperti menurunnya produksi pigmen warna rambut, produksi hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, kekuatan gigi, sampai fungsi organ-organ tubuh kita yang lain.

Sistem daya tahan tubuh sebagai pelindung tubuh juga tidak akan bekerja sebaik ketika masih muda. Inilah alasan kenapa mereka yang lanjut usia (lansia) rentan terinfeksi berbagai penyakit, termasuk COVID-19.

Tidak hanya itu, tidak sedikit mereka yang lanjut usia punya penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, asma, atau kanker. Penyakit yang mereka derita tersebut akan meningkatkan risiko atau bahaya infeksi virus Corona. Komplikasi yang diakibatkan COVID-19 juga bisa lebih parah jika penderitanya sudah memiliki penyakit-penyakit tersebut.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona pada Lansia

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan olah meraka yang lanjut usia untuk melindungi diri mereka dari penularan virus yang sedang mewabah di banyak negara di dunia dan berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  1. Rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.
  2. Memakai masker ketika sedang sakit
  3. Menghindari kontak dengan mereka yang sedang sakit
  4. Menghindari pergi ke tempat-tempat ramai, seperti pusat perbelanjaan, terminal dan stasiun.
  5. Tidak menyentuh mata, hidung, & mulut sebelum mencuci tangan
  6. Rutin mengkonsumsi obat untuk penyakit yang sedang diderita
  7. Mengunjungi dokter untuk kontrol sesuai jadwal

 

Semoga informasi ini bermanfaat!