Yogurt memiliki kandungan mineral, vitamin B dan protein yang bermanfaat untuk tubuh kita. Rutin mengonsumsi yogurt setiap hari bisa membantu memperlancar pencernaan dan membuat tubuh kita terasa lebih segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Yogurt memang mudah dibeli di minimarket atau swalayan, tapi ternyata membuat yogurt sendiri itu tidak sulit kok. Mau tahu caranya? Simak yuk caranya di bawah ini!

Bahan:

  • 1 liter Ultra Milk Full Cream
  • 2 sdm plain yogurt (yogurt yang mengandung bakteri hidup/bakteri probiotik)

Cara membuat:

  1. Tuang Ultra Milk Full Cream ke dalam panci lalu panaskan pakai api kecil sambil diaduk perlahan atau bisa juga memakai oven dengan temperatur hingga 85 derajat celcius.
  2. Ketika proses pemanasan, pastikan susu tidak sampai mendidih. Proses ini gunanya untuk mengubah struktur protein susu supaya menjadi padat.
  3. Setelah suhu susu sudah cukup panas, angkat lalu dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan sampai suhu susu 43 derajat celcius.
  4. Ketika sudah mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain ke dalam panci yang berisi susu, lalu aduk sampai rata secara keseluruhan.
  5. Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam toples. Tutup rapat supaya proses inkubasinya berjalan sempurna.
  6. Ketika proses inkubasi terjadi, diamkan supaya bakteri tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur saat proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan berlangsung selama 7 jam.
  7. Setelah 7 jam, dinginkan yogurt yang sudah mengental ke dalam lemari es beberapa jam sebelum dikonsumsi supaya yogurt lebih awet.

 

Tidak terlalu sulit bukan? Selamat mencoba resepnya dan semoga berhasil ya, Milk Lovers!